TopCareerID

Waspada! Ini 4 Tanda Kamu terancam Di-PHK

TOPCAREER.ID – Hampir tak ada karyawan yang mau kehilangan pekerjaannya. Namun yang banyak orang lupa, tak ada juga ‘jabatan’ yang benar-benar aman. Semuanya bergantung penuh pada performa kerja yang kita berikan sehari-harinya.

Tanpa disadari, terkadang pekerjaan yang kita lakukan tak mampu memenuhi ekspektasi atasan. Kalau tidak lekas disadari, efeknya bisa fatal, termasuk dipecat dan digantikan oleh karyawan lain.

Karena itu, sebagai antisipasi sekaligus koreksi diri, berikut tanda-tanda yang bisa dijadikan pertanda. Seperti dikutip dari The Muse, beberapa di antaranya ternyata banyak disepelekan dan dihiraukan oleh kita. Apa saja ya, kira-kira?

Rekan-rekan kerja mulai bersikap aneh

Sebenarnya tidak semua gejala ini mengindikasikan kalau pekerjaan kita sedang terancam. Namun, hasil meeting yang menyebar dari mulut ke mulut dan terbumbui gosip biasanya akan membuat suasana kerja terasa sedikit aneh. Entah gosipnya soal kondisi perusahaan ataupun mengarah kepada individu tertentu.

Beberapa orang yang kurang pandai dalam menjaga rahasia biasanya akan gatal untuk memberi sedikit petunjuk untuk memancing reaksi kita. Tapi jangan keburu was-was dulu, kalau kita merasa sudah melakukan pekerjaan kita dengan baik, maka tak perlu ada yang dikhawatirkan.

Mulai tak dilibatkan dalam kegiatan utama perusahaan

Pasti akan terasa sedikit aneh jika semua karyawan dilibatkan dalam kegiatan utama perusahaan, namun tak ada satupun tugas yang datang ke meja kita. Apalagi kalau kita memegang posisi yang sudah seharusnya memiliki bagian di dalamnya.

Kecuali kita memang sedang diberi tugas sendiri yang memang memerlukan banyak fokus, hal ini dapat menjadi pertanda kalau status kita di tempat kerja sedang tidak baik-baik saja.

Cobalah untuk menemui atasan dan tanyakan apa ada yang bisa kita lakukan. Jika nantinya atasan memberikan sebuah tugas, lakukanlah dengan sebaik mungkin karena bisa jadi itu adalah kesempatan terakhir kita untuk mempertahankan pekerjaan.

Posisi digantikan orang lain

Kalau sebelumnya kita memegang sebuah peranan dalam sebuah pekerjaan dan tiba-tiba nama kita hilang atau tergantikan tanpa ada penjelasan yang jelas, bisa jadi ini adalah pertanda kalau perusahaan sedang memiliki rencana terhadap kita.

Untuk menyikapinya, bersikaplah setenang mungkin lalu tanyakanlah dengan sopan mengenai apa yang sebenarnya terjadi. Cobalah untuk berbaik sangka dan tidak bereaksi berlebihan karena siapa tahu atasan sedang menyiapkan proyek baru yang lebih membutuhkan kita di sana.

Kita masuk dalam daftar ‘rencana perbaikan performa’

Mendapati situasi ini bukanlah hal yang bisa dianggap biasa-biasa saja. Ini mungkin berarti kalau selama ini performa yang kita lakukan dianggap kurang memenuhi ekspektasi.

Untungnya, hal ini juga tidak selalu berarti kalau kita akan diberhentikan. Masuk ke daftar ini menunjukkan kalau perusahaan masih percaya dengan kemampuan kita dan mau memberikan satu kesempatan lagi untuk membuktikannya.

Jadi, tak perlu bersedih hati, bangkit dan berikan performa terbaik kita untuk kembali meraih kepercayaan perusahaan. Terus asah juga kemampuan kita supaya value kita semakin tinggi di mata perusahaan.

Exit mobile version