Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tingkatkan Kualitas Hidup dengan Critical Thinking Skill

Pentingnya critical thinking skill dalam menghadapi perbedaan

Critical thinking skill juga akan mengajarkan kita bagaimana menyikapi sebuah perbedaan. Hal ini bisa menghindarkan kita dari sifat merasa paling benar, atau memaksakan idealisme yang kita miliki kepada orang lain.

Sebagai gantinya, kita akan bisa lebih menerima masukan, menghargai perbedaan pendapat, dan bersedia mendiskusikannya untuk mencari solusi terbaik. Pemikiran terbuka itulah yang nantinya bisa membuat keputusan yang kita ambil jadi lebih matang.

Tips mengasah critical thinking skill

Semua orang sebenarnya sudah memiliki critical thinking skill dalam diri mereka. Yang membedakannya adalah kecepatan, kematangan, serta keberanian dalam mengambil keputusan. Terutama saat memikirkan resiko-resiko yang akan timbul.

Untuk mengasahnya, mulailah gali informasi dari orang-orang yang kita rasa memiliki kompetensi dalam bidang yang kita tekuni. Hal itu nantinya bisa dijadikan pegangan ataupun pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Setelah itu, cobalah untuk mempertimbangkan lalu mengambil keputusan dalam hal-hal kecil. Contohnya jika suatu hari kita ingin pergi ke suatu tempat, buatlah satu pertimbangan kenapa kita hendak pergi ke sana. Lalu putuskan apakah kita jadi berangkat atau tidak,

Theresia Lestari (dok.TopCareer.id)
the authorSherley Agnesia

Leave a Reply