TopCareerID

7 Cara Jitu Atasi Rasa Gugup

Topcareer.id – Semua orang pasti pernah mengalami perasaan gugup. Salah satunya saat akan melakukan presentasi atau berbicara di depan orang banyak.

Meski wajar, namun kegugupan bisa menjadi masalah jika dibiarkan berlarut-larut. Akibatnya kamu jadi sulit berkosentrasi dan kesulitan dalam berpikir. Apalagi kalau sampai lupa menyampaikan hal-hal yang penting hingga presentasi kamu jadi tampak kacau. Gawat bukan?

Untungnya, seperti dilansir dari wisitep, Kamis (28/29/2019), kegugupan ternyata bisa diatasi. Berikut beberapa hal yang bisa kamu coba untuk mengusir rasa gugup.

Fokus

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah fokus pada materi yang ingin kamu sampaikan. Jadi persiapkan bahan secara matang dan kuasai semua materinya. Semakin kamu menguasai apa yang akan disampaikan, kamu pun jadi semakin siap untuk tampil.

Banyak berlatih

Ketika kamu diminta mempresentasikan suatu topik kepada khalayak umum, mungkin tubuh kamu akan memberikan reaksi seperti bergetar atau berkeringat.  Hal ini tentunya akan sangat mengganggu dan mempengaruhi kinerja.

Oleh karena itu sebelum tampil di depan umum, sebaikanya kamu berlatih di depan kaca dengan membayangkan banyak orang yang sedang memperhatikan kamu. Berlatih secara terus menerus akan membuat kamu dapat mengendalikan rasa takut dan kegugupan itu.

Jauhkan pikiran negatif

Saat senggang, terkadang  otak kita menyuguhkan pikiran-pikiran aneh, Satu hal yang harus kamu lakukan, cobalah untuk mengalihkannya ke permasalahan lain yang lebih positif. Jauhkan pikiran-pikiran negatif itu untuk menghindari stress.

Rilekskan tubuh

Tubuh yang rileks akan membuat pikiran kamu lebih tenang. Ada banyak teknik untuk merilekskan tubuh. Beberapa di antaranya yoga atau pergi ke salon untuk melakukan pijatan di tubuh.

Latih pernapasan

Jika kamu mulai merasa gugup, pola nafas akan cenderung cepat dan tidak teratur. Mulailah melatih nafas dengan menarik dan mengeluarkannya secara perlahan. Itu akan membantu mengurasi rasa gugup dan membuatmu perlahan-lahan bisa memikirkan apa yang harus kamu lakukan selanjutnya.

Berpikir positif

Ketika kamu tampil di suatu acara, jangan pernah membayangkan hal buruk akan terjadi. Tetaplah fokus dan selalu berpikir positif untuk menyelesaikannya. Bayangkan hal-hal menarik yang akan kamu dapatkan ketika berhasil melakukan pekerjaan dengan baik.

Tersenyum

Tersenyum merupakan cara terakhir untuk mengatasi rasa gugup. Tersenyum akan membuat orang berpikir kamu sedang dalam keadaan tenang dan itu akan meningkatkan rasa percaya diri kamu.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version