TopCareerID

Tips Leadership ala Spider-Man

Topcareer.id Setiap orang pasti memiliki superhero favorit. Hal itu positif untuk motivasi diri. Banyak superhero yang sifat-sifat baiknya bisa menginspirasi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk pekerjaan. Salah satu superhero yang bisa kita jadikan contoh adalah Spider-Man.

Ya, superhero yang sempat bikin heboh karena keluar dari Marvel Cinematic Universe (MCU) ini bisa kita pelajari sisi positifnya untuk diterapkan sebagai leader.

Mengutip leaderonomics.com, berikut ada beberapa tips leadership ala Spider-Man.

Jadilah dirimu sendiri

Beberapa pemimpin merasa memiliki gelar yang cukup tinggi sehingga merasa berhak memperlakukan bawahannya tanpa memperhatikan perasaan mereka. Ini bukanlah leadership yang baik.

Saat menjadi pemimpin bukalah topengmu, jadilah dirimu sendiri, dan tunjukkan kepedulianmu pada bawahan. Dengan begini kamu akan bisa menjadi pemimpin yang baik dan mungkin bisa menjadi pahlawan bagi tim yang kamu pimpin.

Bertanggung jawab

Menjadi seorang pemimpin berarti harus mengemban sebuah tanggung jawab yang besar. Spider-Man mengajarkan bagaimana menjadi seorang yang bertanggung jawab. Paman Ben mengingatkan Peter Parker “Kekuatan yang besar datang beserta tanggung jawab yang besar.”

Seorang pemimpin yang bertanggung jawab akan menyadari power yang mereka miliki. Mereka juga siap bertanggung jawab baik dalam keberhasilan maupun dalam kegagalan dan kesalahan yang dilakukan. Cara ini bisa dilakukan dengan tidak menyalahkan atau menjatuhkan bawahan, namun segera memperbaikinya.

Keep smile

Spider-Man saat melepas topeng dan menjadi Peter Parker selalu berusaha tersenyum. Walaupun di balik senyumannya ia mengemban tugas yang berat, kehilangan cinta, orangtua, dan menghadapi kematian setiap hari, namun Peter selalu tersenyum dan masih memiliki selera humor yang baik. Ia bisa memisahkan antara kehidupan pekerjaan dengan kehidupan normalnya sehari-hari.

Karena itu, jadilah pemimpin baik yang selalu murah senyum dan menebar aura positif kepada tim dan bawahannya.

Tetap melayani

Ini adalah inti dari sebuah kepemimpinan (Leadership). Spider-Man selalu melayani orang lain tanpa pamrih. Jika sebagai pemimpin kamu bisa melakukan hal ini, akan ada imbalan yang datang tanpa kamu duga.

Saat kamu alami kesulitan di masa kepemimpinan kamu, terkadang ada bantuan yang datang secara tiba-tiba. Bisa jadi itu karena karma baik yang kamu dapat dengan memberi pelayanan dan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Tekun

Kamu harus tetap tekun menjalani kariermu sebagai pemimpin. Walaupun tidak mudah dan sangat banyak alasan untuk menyerah, kamu tetap harus maju seperti Spider-Man yang berulang kali mengalami hal buruk namun tidak pernah menyerah. Kembangkan karier sampai berjalan sesuai seperti yang kamu inginkan.

Menjadi leader tidak gratis

Untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses akan ada harga yang harus kamu bayar. Tidak harus berupa uang. Spider-Man pun merasakan itu. Ia kehilangan waktu untuk kehidupan pribadi dan keluarganya.

Sebagai pemimpin, akan banyak waktu yang harus kamu korbankan untuk mengatur tim atau menjalankan perusahaan yang kamu pimpin. Aturlah waktu sebaik mungkin. Jika kamu enggan mengatur waktu dan memberi pemahaman pada keluargamu, pada saat krisis dan masalah datang, kamu akan mudah menyerah.

Tidak perlu memimpin setiap saat

Terakhir, dalam menjadi pemimpin kamu harus tahu kapan kamu harus memegang penuh kendali kepemimpinan. Tapi kamu juga harus jeli dan sesekali mendelegasikan beberapa tugas kepemimpinan pada bawahan kamu.

Selain memberi bawahanmu pelajaran memimpin, kamu juga bisa jadi lebih efisien dalam menjalankan tugas kamu.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version