TopCareerID

Olahraga Ideal untuk Pekerja Kantoran

Topcareer.id – Bagi pekerja kantoran, meluangkan waktu untuk berolahraga rasanya menjadi hal yang langka, padahal semua orang butuh olahraga, apalagi pekerja kantoran. Mungkin cukup luangkan 30 menit dalam tiga kali satu minggu untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Seorang personal trainer di Golds Gym, Imanuel Adiputra Patandung berbagi tips soal olahraga yang ideal untuk para pekerja.

Kepada TopCareer.id, pria yang sudah sepuluh tahun bergelut di industri kebugaran ini menyampaikan bahwa pekerja kantoran memiliki kebutuhan olahraga yang sama dengan orang pada umumnya. Namun, jika dilihat dari kesibukannya, pekerja kantoran perlu menyiasati waktu olahraganya.

“Tapi dilihat dari kesibukannya, minimal kita latihan itu dalam seminggu 3 kali, maksimal 5 kali. Durasinya paling efektif itu satu jam, untuk paling sebentarnya ya 30 sampai 45 menit,” kata Nuel.

Latihan dengan intensitas waktu 30-45 menit dalam 3 kali seminggu dinilainya menjadi olahraga yang ideal bagi para pekerja kantoran. Setidaknya intensitas olahraga itu sudah bisa mengimbangi dari risiko penyakit-penyakit yang menghantui.

Terkait jenis latihan atau olahraganya, Nuel menyarankan functional training. Functional training sendiri merupakan gerakan-gerakan yang melatih tubuh agar bekerja lebih baik dalam melakukan gerakan pada kegiatan sehari-hari, seperti mengangkat tas belanjaan, menaiki tangga, atau menggendong bayi sambil menelepon.

Dilansir dari laman True Fitness, setidaknya ada tiga manfaat yang diberikan dari latihan functional training, yaitu:

  1. Keseimbangan otot yang lebih baik dan stabilitas sendi
  2. Mengurangi jumlah cedera yang diderita dalam kinerja seseorang dalam suatu olahraga
  3. Meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk bergerak dalam enam derajat kebebasan.

“Latihan-latihan yang sifatnya total body workout. Jadi, dalam satu hari itu mereka latihan untuk seluruh anggota tubuh atau seluruh otot, ya sekitar 30 menit sampai 60 menit itu efektif. Latihan yang simple lebih menggunakan berat badan kita sendiri, kayak squad, push up, atau bisa menggunakan bantuan dari alat-alat olahraga yang mudah,” jelas Nuel.

Contoh alat-alat functional yang dimaksud Nuel bisa berupa dumbbell atau bosu ball. Jadi, meski hanya meluangkan waktu 30-45 menit dengan gerakan sederhana, namun mampu melatih seluruh otot untuk bekerja.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version