Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Waktu Tepat Motret Model Menurut Fotografer Profesional

Blue hour bikin foto bernuansa biru syahdu

Waktu yang tepat untuk melakukan pemotretan outdoor adalah ketika blue hour. Jam-jam ini memang bisa menghasilkan foto yang bagus, baik fotografi model, maupun fotografi landscape yang mengedepankan pemandangan. Efeknya bisa bikin background foto langit kebiru-biruan.

Blue hour itu artinya jam-jam di mana 1 jam sebelum matahari terbit, 1 jam sebelum dan sesudah matahari terbenam. Pokoknya satu jam sebelum atau sesudah matahari terbit dan terbenam. Itu langit akan lebih biru,” ucap laki-laki lulusan Universitas Tarumanegara ini.

Warna langit di waktu blue hour itu bisa menghasilkan foto yang apik dan eksotik. Apalagi waktunya yang tak berjauhan dengan waktu sunrise dan sunset sehingga selalu dinantikan oleh pemburu foto. Blue hour sangat dicari oleh fotografer landscape. Sementara untuk fotografi model, subjek biasanya akan dibuat siluet.

Pemilihan waktu blue hour untuk berfoto diharapkan tak ada lagi shadow atau bayangan yang mengganggu subjek saat pemotretan. Charles mengatakan bahwa waktu yang tepat untuk pengambilan foto model outdoor memang ketika matahari tidak terlalu tinggi atau sederajat sehingga shadow tidak terlalu keras.

“Saat itu juga cahaya mulai lembut, jadi bisa dapat background langit yang lebih wah. Saya suka memunculkan elemen background, jadi perlu diperhatikan. Kalau foto portrait iya (tidak mementingkan background). Saya suka foto studio, tapi saya lebih suka foto outdoor.”*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply