Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Fotografer: Editan Sedikit, Makin Profesional

Dok. Shutterstock

Editing sederhana fotografi

Charles mengakui bahwa fotografer memang perlu bisa editing, tapi untuk hal-hal yang sederhana. Ia mengaku dalam 5-10 menit editing yang dilakukan itu hanya edit foto soal pengoreksian warna dan kontras foto agar lebih pas dengan standar mata orang kebanyakan.

Sementara, Charles sendiri jarang sekali bermain soal warna atau mengubah warna menjadi lebih wah dan berbeda dari warna asli kondisi pemotretan itu. Ia akan mengusahakan warna hasil jepretan yang keluar saat pemotretan itu merupakan warna yang muncul dari kamera.

“Saya ingin (warna) muncul dari kamera, tapi saya usahakan warna skin mana yang paling bagus. Misal sore, kalau kena muka jadi kuning, saya akan bikin warnanya agak putih. Itu editing pengoreksian warna. Saya bakal nyari warna yang sesuai kondisi waktu itu.”

Kemudian, terkait unsur kontras dalam editing pun terbilang hal yang sederhana. Ia hanya akan menaikkan kontras yang sesuai dengan kelayakan foto, kira-kira standar apa yang enak dilihat oleh mata.

“Sekitar 80 persen mata orang kalau kontrasnya tinggi itu akan menarik, standar matanya orang. Tidak harus selalu. Saya pribadi lebih suka warna asli,” pungkas Charles.*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply