TopCareerID

Hindari Lembur Berlebihan! Mulailah Bekerja Cerdas

Topcareer.id – Tidak selalu ada cukup waktu untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan dalam sehari. Akibatnya kamu akan selalu terburu-buru dalam bekerja, dan ini kurang baik bagi kesehatan dan produktivitas kerja.

Lalu bagaimana solusinya? Apakah harus selalu menambah jam kerja? Seorang peneliti dari Stanford University, John Pencavel mencoba mengukur hubungan antara jam kerja dan produktivitas.

Ia menemukan bahwa output karyawan turun tajam setelah bekerja selama 50 jam seminggu, dan semakin jatuh setelah dibuat bekerja selama 55 jam.

Dari penelitiannya itu, tercatat begitu banyak orang yang tidak menghasilkan apa-apa lagi dengan 10-15 jam kerja ekstra itu.

Karena itu, mengutip inc.com Senin (02/09/2019), daripada terus-terusan menambah jam kerja, lebih baik mulai bekerja dengan cerdas. Berikut caranya:

Potong daftar kerja yang berlebihan

Saat menghadapi proyek besar, biasanya kita akan dituntut membuat daftar tugas yang sangat banyak. Untuk menyikapinya, pilihlah sekitar tiga atau lima yang paling penting, lalu fokuslah pada itu dulu. Nanti setelah pekerjaan itu selesai, baru kamu lanjutkan dengan menyelesaikan sisanya.

Bangun mood yang baik

Orang-orang cenderung bekerja lebih efektif saat mereka berada dalam mood yang baik. Hal ini membuat mereka jadi lebih kreatif dan mau mengambil inisiatif dalam menghadapi suatu pekerjaan. Alhasil, kerja pun jadi lebih cepat selesai.

Banyak berkomunikasi

Saat bekerja, memiliki komunikasi yang lancar dengan divisi terkait akan memudahkanmu untuk menyelesaikan pekerjaan. Jadi jangan diam saja, utarakanlah kebutuhan atau hambatan yang kamu alami dalam bekerja.

Stop multitasking

Faktanya manusia tidak sanggup melakukan banyak hal sekaligus. Jadi jangan memaksakan diri untuk melakukan banyak tugas. Fokuslah menyelesaikan satu pekerjaan sebelum pindah ke pekerjaan berikutnya.

Nikmati pekerjaan

Tidak semua orang bekerja sesuai dengan passion-nya. Siasati dengan menikmati dan belajar mencintai pekerjaan yang sedang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan merasa terpuaskan, terinspirasi, dan lebih produktif dalam menyelesaikan banyak pekerjaan.

Ingat, prinsip kerja cerdas adalah kerja dengan optimal. Lebih baik bekerja dengan waktu yang cukup namun produktif, daripada bekerja dengan waktu yang berlebihan tapi produktivitas menurun.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version