TopCareerID

9 Kebiasaan Orang Kaya yang Tanpa Biaya untuk Kamu Tiru

Financial freedom.

Topcareer.id Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana orang-orang tertentu begitu sukses? Tentu kamu punya Gagasan, motivasi, kegigihan, dan sedikit keberuntungan bisa membantu, tetapi kebanyakan orang sukses punya kebiasaan tertentu.

Berikut adalah sembilan kebiasaan yang membantu menempatkan mereka di puncak seperti dilansir Entrepreneur.com.

Mereka bangun pagi
Mantan Presiden Obama, Richard Branson, Jack Dorsey, Larry Schultz, Tim Cook, dan CEO Xerox, Ursula Burns, dikenal sebagai orang yang selalu bangun pagi. Bagaimana ini dikaitkan dengan kesuksesan mereka? Karena orang yang bangun pagi mampu memulai hari mereka lebih dulu dari orang lain. Dengan bangun pagi mereka berolahraga dan melakukan punya waktu lebih banyak. Orang yang bangun pagi juga cenderung lebih bahagia dan lebih produktif.

Mereka bermeditasi
Ray Dalio, pendiri Bridgewater Associates, mengatakan kepada The Huffington Post pada 2013 bahwa “Meditasi, lebih dari apa pun dalam hidup saya, adalah unsur terbesar dari kesuksesan yang saya miliki.” Namun Dalio, tidak sendirian. Oprah Winfrey, Rupert Murdoch, Russell Simmons, Arianna Huffington, Bill Ford dan Padmasree Warrior semuanya mengatakan mediasi sebagai komponen besar bagi keberhasilan mereka. Merawat tubuh dan pikiran dengan bersantai, berolahraga, makan sehat dan cukup tidur adalah cara untuk meningkatkan peluang kesuksesan.

Mereka memperluas jaringan
Orang-orang sukses menyadari pentingnya jaringan. Bahkan, penelitian telah menemukan bahwa jejaring kerja dapat membuat orang berkinerja lebih baik di tempat kerja dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan. Networking membantu orang-orang sukses menjadi lebih inovatif. Menurut buku klasik Dale Carnegie How To Win Friends & Influence People, orang-orang sukses jarang mengeluh atau mengkritik. Mereka tulus dan berusaha untuk berempati.

Buat diri mereka sibuk
Orang sukses jarang menganggur. Orang-orang yang berhasil seperti LBJ dan Robert Moses dikenal bekerja 60-65 jam per pekerjaan. Elon Musk bekerja 80-100 jam per minggu dan mengatakan, “Itulah jenis etos kerja yang harus dimiliki seorang wirausahawan.”

Mereka tidak menonton TV, mereka membaca buku
Menurut Thomas Corley, penulis Rich Habits: The Daily Success Habits Of Wealthy Individuals, 67 persen orang kaya hanya menonton TV selama satu jam atau kurang per hari. Corley juga menemukan hanya 6 persen dari mereka menonton tayangan reality show, sementara 78 persen orang miskin menggemari tayangan jenis itu.

Selain itu, 86 persen orang kaya suka membaca. Dan 88 persen mengatakan mereka membaca untuk perbaikan diri selama 30 menit atau lebih per hari.

Mereka tahu kapan mengatakan “tidak”
“Perbedaan antara orang-orang sukses dan orang-orang yang benar-benar sukses adalah orang-orang yang benar-benar sukses mengatakan tidak pada hampir semua hal.” – Warren Buffett

Orang-orang sukses menyadari bahwa dengan mengatakan “tidak” pada hal negatif, kerja ekstra, dan aktivitas yang membuang waktu, mereka dapat fokus pada peningkatan produktivitas mereka. Jika mereka mengatakan “ya” kepada semua orang atau segalanya, mereka akan terlalu terganggu dan tidak akan menyelesaikan tugas yang harus dilakukan.

Mereka menulis daftar tugas malam sebelumnya
Orang-orang sukses dikenal karena menulis to-do-list mereka malam sebelumnya sehingga mereka dapat menetapkan prioritas untuk hari berikut. Mereka memberi nomor pada daftar mereka juga untuk mengidentifikasi tugas mana yang paling penting.

Mereka mengelola uang mereka
Orang-orang sukses telah mencapai posisi mereka sekarang karena mampu mengelola keuangan dengan baik. Ini berarti bahwa mereka menginvestasikan uang mereka dengan bijak, mencari peluang baru dan menyisihkan dana darurat. Mereka lebih murah hati dan mau menyumbang untuk mereka yang membutuhkan bantuan.

Ada pepatah lama mengatakan, keberuntungan dan persiapan selalu menemui peluang. Orang-orang yang paling sukses merancang diri untuk sukses dengan mempersiapkan diri sepanjang waktu. Orang-orang sukses berharap keberuntungan dan menemukannya. Biasanya memang begitu.

Mereka menetapkan tujuan dan memvisualisasikannya
Joel Brown dari Entrepreneur mewawancarai sejumlah orang yang berprestasi tinggi dan menemukan bahwa “Sembilan puluh lima dari orang-orang yang berhasil, yang saya wawancarai menuliskan tujuan, rencana, atau visi untuk sukses secara teratur. Orang-orang sukses melakukan ini malam sebelumnya, atau hal pertama di pagi hari sehingga mereka siap untuk mengatasi tantangan yang menanti mereka.”

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version