TopCareerID

Kenali `Burnout` di Tempat Kerja dan Cara Mengatasinya

Topcareer.idBurnout adalah perasaan lelah secara fisik, emosi, mental yang disebabkan karena pekerjaan. Beberapa ahli berpikir depresi merupakan kondisi yang melatarbelakangi burnout.

Kelelahan kerja dapat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental kamu. Ayo kita simak faktor-faktor yang menyebabkan burnout dan apa yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya.

Beberapa faktor yang menyebabkan burnout, antara lain ketidakmampuan menyelesaikan pekerjaan dengan baik akibat tekanan deadline dan jumlah beban pekerjaan.

Harapan akan hasil kerja yang tidak jelas. Jika kamu tidak jelas tentang otoritas yang kamu miliki atau apa yang diharapkan oleh atasan terhadap kamu juga dapat menyebabkan rasa tidak nyaman.

Bekerja dengan pembully. Mungkin kamu bekerja dengan senior yang senang membully atau kamu merasa diremehkan oleh kolega atau atasan itu dapat membuat kamu stres dalam bekerja.

Jika pekerjaan kamu monoton atau kacau. Kamu pasti membutuhkan banyak energi untuk tetap fokus yang akhirnya membuat kamu kelelahan.

Kurangnya dukungan sosial. Jika kamu merasa terisolasi di tempat kerja dan di kehidupan pribadi serta tidak mendapat dukungan dari orang sekitar, itu akan menjadikan kamu lebih cepat stres.

Ketidakseimbangan kehidupan kerja. Jika pekerjaan kamu menghabiskan begitu banyak waktu dan upaya sehingga menghabiskan energi akan membuat kamu lebih cepat lelah.

Burnout dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti, stres yang berlebihan, insomnia atau sulit tidur, kesedihan, cepat marah, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes serta kerentanan terhadap penyakit-penyakit lainnya.

Agar burnout tidak mengganggu kesehatan dan mental, berikut cara menanganinya tanpa kamu harus berhenti atau pindah kerja;

Pertama, evaluasi pilihan kamu dengan mendiskusikan masalah yang kamu hadapi dengan atasan untuk mencari solusinya. Cobalah untuk menetapkan tujuan dengan mengetahui prioritas.

Kedua, carilah dukungan sebanyak-banyaknya, baik dari teman kerja, keluarga, pasangan ataupun teman.

Ketiga, manjakan diri kamu dengan melakukan beberapa aktivitas yang santai seperti yoga, meditasi atau tai chi dan lainnya.

Keempat, sempatkanlah berolahraga karena ini akan membantu mengurangi stres dan dapat mengalihkan pikiran dari pekerjaan yang membuat kamu penat.

Dan kelima, tidurlah yang cukup dan teratur, itu akan melindungi kesehatan kamu.*

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version