TopCareerID

Ingin Produktif? Sediakan 7 Hal Ini di Tempat Kerja

Topcareer.id – Apakah kamu bekerja dari rumah, ruang kerja kubikal atau terbuka?

Beberapa penelitian menunjukan bahwa lingkungan fisik berdampak besar pada konsentrasi dan produktivitas kerja.  Berikut tujuh hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja kamu.

Cahaya alami

Jenis cahaya yang ada di tempat kerja memiliki dampak besar pada produktivitas. Penelitian menunjukan bahwa paparan cahaya alami dapat meningkatkan kinerja kamu.

Sebaliknya, kondisi pencahayaan yang buruk dapat mempengaruhi tingkat kortisol (hormon stres) dan menghalangi kemampuan untuk menghadapi situasi yang penuh dengan tekanan.

Jadi, jika ruang kerja kamu tidak mendapat banyak cahaya alami, siasati dengan menggunakan lampu yang mirip dengan cahaya alami seperti lampu panel LED.

Meja kerja yang bersih

Berantakan tidak selalu buruk. Beberapa penelitian bahkan menunjukan bahwa memiliki meja yang acak adul dapat membantu kita berpikir lebih kreatif.

Namun, penelitan yang dilakukan oleh Princeton University Neuroscience Institute juga menemukan bahwa kekacauan dapat membatasi kemampuan otak untuk memproses informasi.  

Kalau kamu ingin lebih produktif, mulailah singkirkan barang-barang yang tidak perlu di sekitar meja dan komputer kamu.

Suhu ruangan yang tepat

Suhu ruangan dapat mempengaruhi produktivitas. Penelitian menunjukan bahwa kinerja sesorang dapat menurun ketika suhu terlalu panas atau terlalu dingin. Suhu ideal untuk bekerja adalah sekitar 25˚C.

Sentuhan warna yang mendukung

Warna di lingkungan ruangan kerja ternyata dapat mempengaruhi kondisi pikiran dan produktivitas kita. Sebuah studi dari University of Texas menemukan bahwa perempuan akan terkena dampak negatif ketika bekerja di ruangan berwarna abu-abu, putih dan krem.

Hal yang sama juga berlaku pada pria saat dihadapkan pada warna ungu dan oranye.

Warna-warna seperti biru, hijau diketahui dapat menenangkan dan mempertajam fokus. Warna kuning juga bermanfaat merangsang kreativitas. Jadi sangat penting bagi kamu untuk memberi warna-warna tersebut di dalam ruangan kerja.

Tanaman di dalam ruangan

Membawa beberapa tanaman hijau ke ruang kerja akan meningkatkan produktivitas hingga 15%. Sebuah studi dari University of Exeter menemukan bahwa ruang kantor yang dipenuhi tanaman hijau akan meningkatkan kepuasan dan tingkat fokus yang lebih tinggi.

Furniture yang berbentuk bulat

Perabot kantor juga memiliki efek pada tingkat produktivitas. Dalam suatu penelitian dari Oregon State University, ruangan yang berisikan furniture melengkung dan bulat akan memberi nilai positif. Meja bundar juga dapat meningkatkan rasa persahabatan di antara rekan kerja.

Sedikit kebisingan

Journal of Consumer Research mengemukakan bahwa tingkat kebisingan di lingkungan kerja dapat meningkatkan motivasi dan kreativitas. jika kamu tidak bisa berpindah keluar ruangan untuk bekerja, kamu dapat memutar musik dari gadget ataupun komputer kerja kamu.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version