TopCareerID

Seberapa Penting Mencintai Pekerjaan Kita?

TopCareer.id Mendiang Steve Jobs, pendiri Apple punya kalimat bijak begini: “Pekerjaanmu akan mengisi sebagian besar hidupmu, dan satu-satunya cara untuk benar-benar puas adalah dengan melakukan apa yang kamu yakini sebagai pekerjaan hebat. Dan satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah dengan mencintai apa yang kamu kerjakan.

Masalahnya, apa yang harus kamu lakukan jika pekerjaan yang kamu pikir akan kamu nikmati berubah jadi sesuatu yang tidak kamu harapkan? Mungkin pekerjaan kamu terasa seperti cinta pada pandangan pertama tetapi perlahan berubah menjadi perjuangan untuk bertahan hidup; atau mungkin kamu menerima pekerjaan sekarang karena kamu membutuhkan pekerjaan, walau tahu ini bukan pekerjaan ideal.

Apa pun itu, cara untuk menghidupkan kembali hubunganmu dengan pekerjaan kamu adalah dengan memupuk kembali rasa cinta yang pudar. Ingat, bahkan pekerjaan terbaik pun tidak akan tampak hebat jika sikap kamu buruk. Jadi fakta bahwa kamu mencari cara untuk meningkatkan kecintaan pada pekerjaan berarti kamu sudah berada di jalur yang benar.

Seberapa penting mencintai apa yang kita kerjakan setiap hari?
Banyak yang telah disebut-sebut tentang betapa pentingnya mencari pekerjaan yang kamu sukai. Kebanyakan orang tidak menyukai pekerjaan mereka. “Banyak yang akhirnya menyukainya, beberapa mentolerirnya, tetapi hanya sedikit yang menemukan pekerjaan yang mereka sukai juga mendukung gaya hidup mereka,” kata Jim Bird, seorang penulis.

Lalu apakah itu berarti semua orang dibiarkan hidup dalam frustrasi, mati-matian mencari pekerjaan yang sempurna yang mereka sukai? Tidak perlu sampai begitu.

Kamu harus menemukan kesenangan dalam pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Tanamkan pada dirimu bahwa melakukan pekerjaan sangat berharga bagi hidupmu dan juga orang orang di sekitar kamu. Pekerjaanmu juga bisa meningkatkan kondisi keuanganmu sehingga kamu bisa menikmati jerih payah yang telah kamu lakukan selama ini.

”Biarkan saya memberi kamu contoh dari pengalaman saya, ketika saya lulus dari perguruan tinggi saya mencoba mendirikan sebuah perusahaan dan mengharuskan saya mengembankan sistem penjualan produk perusahaan. Meskipun pekerjaan spesifik saya benar-benar membuat saya sakit, saya bangga dan puas dengan cara saya melakukan pekerjaan itu. Saya memberikan yang terbaik,” bilang Jim Bird.

“Seseorang harus menciptakan cara yang sukses untuk menjual produk kami, dan pembatasan uang dan tenaga membuat saya pilihan terbaik,” katanya lagi, “Karena saya perlu mencari nafkah. Saya melihat peluang yang signifikan bagi mitra saya dan saya sendiri. Dan yang terpenting, itu membuat saya merasa nyaman dengan diri saya,” tuturnya.”

Sukai pekerjaan yang kamu jalani (atau cara kamu melakukannya)
Dengan menyukai pekerjaan yang kamu lakukan sekarang akan jauh lebih menyenangkan dan bermanfaat.

Tapi bagaimana dengan Gairah Cinta Kehidupan? Apakah itu tergantung pada menemukan pekerjaan yang Anda sukai? Tidak. Kita semua perlu mencintai kehidupan untuk mendapatkan manfaatnya. Tetapi bagian mana dari kehidupan kita yang membangkitkan semangat itu, akan berbeda untuk setiap orang, dan seiring waktu.

Seseorang yang bergairah dengan pekerjaannya belum tentu menjalani kehidupannya lebih atau kurang sepenuhnya daripada seseorang yang bergairah tentang keluarga atau musik mereka.

Jadi, selain pekerjaanmu, kamu harus tahu apa gairah hidupmu? Apakah kamu suka belajar, atau mengajar, atau menulis? Apakah kamu bersemangat memasak, olahraga, mobil, atau travelling?

Dan sangat penting untuk kamu memiliki teman, kekasih, atau keluarga yang kamu sukai dan cintai. Jika kamu sudah memilikinya maka selamat! Kamu telah menemukan beberapa perubahan besar dalam hidup. Bekerjalah untuk membahagiakan mereka. Itu bisa jadi alasan cukup untuk mencintai pekerjaanmu saat ini.*

Penulis :Melisa Fitri.
Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version