Topcareer.id – Dalam bekerja, ada hal yang tak kalah penting dari kemampuan dan attitude, yaitu menguasai bahasa tubuh (body language) di tempat kerja.
Dengan menguasai bahasa tubuh, kita akan dapat mengontrol rasa malu dan gugup. Dilansir dari content.wisestep.com, Selasa (10/09/2019), berikut beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.
Postur
Buatlah postur tubuh yang memperlihatkan kepercayaan diri, seperti duduk dengan posisi tegak. Postur ini cukup membantu meningkatkan kepercayaan diri di antara kolega dan di mata atasan.
Kontak mata
Dalam percakapan atau wawancara, baik dengan atasan maupun kolega, kontak mata sangat penting. Ini menandakan bahwa kita percaya diri dan menghargai lawan bicara kita. Melihat ke arah lain akan dianggap tidak sopan atau kurang memperhatikan.
Atur jarak formal
Mempertahankan jarak antara kita dan lawan bicara mengindikasikan bahasa tubuh yang positif di lingkungan profesional. Perhatikan jarak yang cukup untuk bisa saling menatap tanpa terasa terlalu jauh ataupun terlalu dekat.
Gunakan bantuan tangan
Berbicara menjelaskan sesuatu dengan bantuan tangan bisa menekankan pesan penting yang ingin disampaikan. Gunakan bahasa tubuh ini dengan tidak berlebihan.
Nada suara
Pertahankan nada suara pada tingkat yang tidak terlalu keras. Orang kurang suka dengan suara yang terlalu keras. Atur pada volume yang tepat agar komunikasi dapat berjalan lancar.
Senyum
Sapaan dengan senyum akan membuat kita tampil lebih menyenangkan di mata lawan bicara kita. Bentuk bahasa tubuh ini paling mudah diterima dan mampu meminimalisir kegugupan.
Kuasai cara menjabat tangan
Dalam dunia profesional, menjabat tangan bisa menunjukkan karakter kita. Jabat tangan yang baik akan banyak mendatangkan hal positif. Kuasailah cara menjabat tangan yang benar. Salah cara menjabat tangan bisa-bisa mematahkan kesepakatan kerja.
Editor: Feby Ferdian