Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Skills.idSosok

Kisah Joko Supratikno, Pelukis yang Pamerkan Karyanya di Italia

Topcareer.id – Kecintaannya pada seni lukis menjadikan Joko Supratikno sebagai pelukis berbakat di Indonesia. Salah satu lukisan cat air milik Joko bahkan sempat mewakili Indonesia dalam sebuah pameran seni International Urbino In Acquerello yang berlangsung di Italia tahun 2017.

Bakat seninya mulai muncul sejak Joko Supratikno duduk di bangku sekolah dasar. Berbagai lomba melukis yang diikutinya, ia selalu menjadi juara. Untuk mengasah bakat seninya, tamat SMA ia memutuskan untuk kuliah di Institut Seni Yogyakarta. Meski tak tamat Joko tak berhenti melukis. Joko memilih kembali ke kota asalnya di Jember dan terus melukis secara otodidak.

“Saya juga belajar sampai ke Bali” kata Joko.

Sejak lima tahun lalu, Joko memutuskan spesialisasi seni lukis dengan menggunakan cat air. “Proses pembuatan lukisan cat air, dimulai dengan cara membuat sketch dulu. Setelah itu tahap berikutnya dilakukan layering. Dan terakhir dilakukan proses detailing.” jelas pria yang pernah menjadi pelukis Poster Film (Film Illustrator) pada tahun 1994.

Soal pemilihan bahan, Joko menggunakan kertas khusus yang diimpor dari Italia, karena kertas khusus tersebut belum ada di Indonesia. “Serunya membuat lukisan cat air karena kaya akan teknik seperti wet on dry, wet on wet, proses mencampurkan warna dengan beragam unsur warna merupakan hal yang sangat kreatif.” ujarnya.

Hasil karya Joko sudah banyak dijual melalui pameran seni yang diikutinya,seperti pameran dan lokakarya lukisan di UNTAR pada tahun 2016, pameran nasional KOLCAI 2016 di Griya Santrian Sanur – Bali, pameran lukisan di Grand Taruma & Technomart Karawang, pameran lukisan di Musium Layang-Layang, Pondok Labu, dan pameran lukisan “Berwarna dalam Harmoni” di Balai Budaya – Jakarta, Januari 2019.

Permintaan lukisan selama ini baru berasal dari dalam negeri. “Penjualan selain di pameran juga melalui sosial media dan penyebaran informasi dari mulut ke mulut.” kata Joko

Dalam waktu dekat, Joko Supratikno akan menyapa para penggemarnya di acara Skills.id pekan depan. Jika penasaran dan berminat untuk memiliki salah satu lukisan cat air karya Joko Supratikno bisa di cek di laman facebook nya ‘Joko Supratikno’ dan Instagram nya @jokosupratikno_. Bisa juga datang langsung pada Art & Craft Expo 23-29 September 2019 di Food Centrum, Sunter. Jakarta Utara.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply