Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pekerjaan Paling Diburu: Customer Experience. Apakah Itu?

Tugas customer experience

Seorang customer experience harus memiliki kemampuan analisis yang mendalam soal pelanggan sehingga nantinya data yang dihasilkan bisa membuat perusahaan melakukan evaluasi soal kepuasan.

Lebih ke intinya lagi, bahwa seorang customer experience meminimalisasi komplain pelanggan terhadap perusahaan. Yang notabene tak hanya soal produk, tapi semua aspek.

Data yang dihasilkan customer experience dipakai perusahaan untuk berbagai tujuan, seperti branding, sales, conversion, bahkan bersaing dengan kompetitor lain.

“Posisi sebagai CX (customer experience) officer ke depan akan semakin populer dan banyak sekali dibutuhkan,” kata Founder sekaligus Director Agency Iceberg, Anna O’Dea.

Customer Experience tentu berbeda dengan customer service yang biasa diketahui. Customer service merupakan salah satu bagian dari customer experience, sementara lingkup kerja dari customer experience lebih lebar.

Saat ini banyak terobosan yang dilakukan untuk menciptakan customer experience yang baik, lebih menjaga hubungan pelanggan dengan perusahaan. Survei IQ Manajemen Pelanggan menemukan bahwa 75 persen eksekutif manajemen telah menempatkan pengalaman pelanggan dalam skala 5 pada skala 1-5.

Itu semua tugas customer experience dari segi pelayanan saja, atau customer service. Belum lagi soal brand experience yang dibangun untuk pelanggan, kemudian financial planning terkait customer equity, dan beberapa aspek lainnya. Sudah terbayang pekerjaan sebagai customer experience? *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply