Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Benarkah Hidup Lebih Sulit Jika Terlahir Sebagai Perempuan?

Perempuan di dunia kerja

Di seluruh dunia, rata-rata wanita dewasa menghabiskan sekitar empat jam per hari untuk melakukan pekerjaan perawatan yang tidak dibayar, sedangkan rata-rata pria dewasa menghabiskan lebih dari satu jam per hari untuk melakukan pekerjaan yang tidak dibayar.

Menurut Gates Foundation, pekerjaan tidak dibayar yang dilakukan wanita diperkirakan bernilai USD 10 triliun.

Dalam dunia kerja, perempuan juga dibayar lebih rendah dari laki-laki. Di Amerika Serikat, perempuan mendapatkan 80 sen untuk setiap dolar yang diperoleh rekan laki-laki mereka.

Equal Pay Today juga melaporkan kesenjangan upah terbesar ada pada perempuan Latin, yang menghasilkan 53 sen untuk setiap dolar yang diperoleh pria, diikuti oleh perempuan asli Amerika (58 sen) dan perempuan kulit hitam (61 sen).

Perempuan kulit putih mendapatkan 77 sen untuk setiap dolar, dan perempuan Asia-Amerika mendapat 85 sen.

Bill Gates menambahkan, ketika perempuan memiliki pendidikan rendah dan mencoba bekerja, penghasilan yang diterimanya jadi tidak sebanding.

“Itu membuat perempuan tidak berdaya, membatasi kesempatan hidup anak-anak mereka dan memperlambat pertumbuhan ekonomi.” tulis Gates pada laporan Gates Foundation.

Sementara di beberapa negara, anak perempuan yang berpendidikan baik masih cenderung kurang menonjol di dunia kerja.

Dengan kata lain, selama norma dan kebijakan yang diskriminatif terus dibahas, perempuan tidak akan pernah memiliki akses sama terhadap peluang kerja berkualitas tinggi seperti laki-laki.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply