Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 16, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Hadapi Orang Seperti Barbie Kumalasari

Bikin dia tahu kamu orang macam apa
Bila dia mulai menyombongkan diri, minta ganti topik pembicaraan. Atau langsung ganti topik tanpa ijin dahulu. Perlihatkan kalau kamu bukan orang yang tertarik pada kesombongan yang dia sampaikan. Jika sudah begitu, akan terasa aneh buat orang itu menyombongkan diri di depanmu.

Sombongkan diri sedikit, lalu koreksi
Orang yang sukanya menyombongkan diri tak suka melihat orang lebih daripada dirinya. Sombongkan juga dirimu di depan dia, tapi buru-buru koreksi diri. Katakan padanya, “Eh, kayaknya saya baru saja menyombongkan diri. Tahu tidak, sebaiknya jangan begitu, karena bisa menyakiti hati orang.”

Ceritakan tentang kesombongan orang lain
Bila dia mulai menyombongkan diri, misalnya baru beli tas branded, ceritakan soal orang lain (misalnya seleb super kaya) yang beli tas branded lebih mahal dan lebih banyak dari dia. Tanyakan pada dia apa yang dirasakannya soal itu.

Sampaikan pandanganmu
Jujurlah pada orang. Termasuk pada mereka yang hobinya menyombongkan diri. Jika merasa sungkan, sampaikan dalam bentuk pertanyaan: “Apa kau tertarik untuk lebih akrab denganku?”

Pergi dan tinggalkan dia
Setiap orang boleh kita maklumi kelakuannya, namun tak semua orang bisa jadi teman kita. Boleh saja kita pergi begitu ada rekan kantor menyombongkan diri.*

Editor: Feby Ferdian

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply