Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Scammer Merajalela, Waspadai Penipuan Lowongan Kerja

Company profile tidak jelas
Sebelum menyetujui wawancara apa pun, lakukan riset. Jika perusahaannya terverifikasi, akan mudah menemukan informasi di situs web resmi mereka. Termasuk tentang berapa lama perusahaan itu terdaftar.

Beberapa scammer mencoba membuat situs web perusahaan palsu untuk meyakinkan kita sebagai korbannya. Jika menemukan informasi perusahaan baru terdaftar selama setahun, kita harus sangat berhati-hati.

Dikirim dari email pribadi
Tawaran pekerjaan asli akan dikirim dari email resmi perusahaan. Beberapa scammer membuat email dengan template mirip dengan perusahaan real, tetapi mungkin menyertakan tanda hubung yang kurang diperhatikan oleh beberapa orang. Telitilah dalam menerima e-mail tawaran pekerjaan.

Meminta informasi yang bersifat rahasia
Beberapa scammers akan meminta informasi rekening bank dengan alasan untuk mengatur autodebit gaji. Terkadang juga meminta untuk mengisi laporan kredit kita yang kemudian memberi mereka akses pada rincian perbankan kita.

Sebelum memasukkan informasi pribadi secara online, periksa keamanan situs webnya dengan melihat bilah alamat web. Alamat harus berupa ‘https: //’ sebagai tanda situs terdaftar.

Meminta untuk Membayar Sesuatu
Setelah menerima tawaran pekerjaan yang sangat menarik, tiba-tiba kita diminta membayar beberapa software untuk digunakan di tempat kerja. Jika ini scammer dari luar negeri, mereka akan meminta kita untuk membayar visa.

Salah satu dari kedua keadaan itu merupakan penipuan. Perusahaan sah akan menanggung seluruh biaya transfer atau perangkat lunak untuk calon karyawannya yang sudah diterima.

Kerja dari rumah
Tawaran bekerja dari rumah dan menghasilkan jutaan rupiah per hari itu tidak realistis. Sebagian besar scammer akan mengirim tawaran seperti ini dan mengharapkan kita untuk online pada messenger yang mereka tentukan selama jam kerja. Waspadalah terhadap bentuk penipuan ini.

Tawaran Pekerjaan bukan dari yang sudah dilamar
Salah satu tanda paling jelas dari tawaran palsu adalah kita tidak pernah melamarnya. Perusahaan asli tak akan mengirimkan tawaran kerja secara acak tanpa bentuk komunikasi apa pun.

Untuk memfilter jenis spam ini, jangan lupa mencatat perusahaan apa saja yang sudah pernah kita lamar. Sehingga kamu tak akan tertipu saat tawaran pekerjaan palsu datang kepadamu.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply