Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Gaji Kecil tapi Ingin Menabung? Ini Caranya

Beli yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan
Godaan untuk membeli barang tidak perlu bisa datang dalam bentuk tekanan dari orang-orang di sekitarmu yang menginginkan hal-hal yang dimiliki oleh orang lain. Buat komitmen kamu hanya beli jika perlu hingga. Dan ketika Anda benar-benar perlu membeli, berusahalah untuk mencari harga promo.

Disiplin biaya bahan makanan
Ada beberapa cara untuk menghemat biaya makan, seperti membuat rencana menu setiap minggu dan disiplin pada rencana ketika kamu berbelanja. Hindari pembelian makanan sembarangan seperti soda dan snack. Belajar memasak daripada membeli makanan cepat saji. Dengan memegang kendali atas tagihan belanjaan, kamu akan memiliki uang lebih untuk ditabung setiap bulan.

Zero sum budget
Zero-sum budget berarti kamu menyusun anggaran sedemikian rupa sehingga setiap rupiah memiliki tujuan yang ditetapkan sebelum kamu mendapatkan gaji. Jika ada uang tersisa setelah kamu memperhitungkan pengeluaran, tetapkan itu menjadi tabungan seperti dana pensiun atau dana darurat. Dengan memiliki rencana ini kamu dapat menghindari membuang-buang uang yang merupakan pengeluaran tidak direncanakan.

Autodebet tabungan
Ini cara terbaik untuk menghemat lebih banyak uang, berapa pun penghasilanmu. Atur jumlah rupiah tertentu untuk di autodebet keluar dari gaji dan masuk ke rekening tabungan pensiun atau non-pensiun setiap bulannya. Otomatis kamu akan menyesuaikan diri untuk hidup dengan penghasilan lebih rendah dan mulai menabung.

Menyimpan uang, bahkan dengan penghasilan rendah itu tetap mungkin. Dengan sedikit siasat untuk mengorbankan pembelian yang tidak perlu, kamu bisa mulai menghemat lebih banyak uang setiap bulan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply