TopCareerID

Tips Membangun Tim Solid di Tempat Kerja

Topcareer.id – Kinerja dan hubungan tim merupakan hal yang sering dipertimbangkan para pemimpin. Indikator kinerja menunjukkan bahwa tim yang efektif selalu mengungguli orang yang bekerja secara individual, terutama dalam situasi tekanan tinggi.

Membangun tim yang efektif membutuhkan lebih dari komitmen abstrak untuk saling bekerja sama, dibutuhkan masukan dari manajer juga untuk mendukungnya.

Mengutip huffpost.com, Rabu (09/10/2019) berikut ini cara membangun sebuah tim yang solid untuk kinerja terbaik.

Bangun kepemimpinan
Jika karyawan mempercayai penilaian kamu, mereka akan bekerja secara efektif bahkan ketika kamu tidak ada. Sebelum membangun tim, kamu perlu mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang tepat.

Ini bukan berarti menegaskan otoritas ya… Cobalah tumbuhkan kepercayaan mereka melalui kejujuran dan transparansi.

Ciptakan koneksi dengan masing-masing karyawan
Pelajarilah individu setiap anggota tim kamu. Seperti apa keahlian mereka, bagaimana mereka termotivasi, apa yang mereka suka dan tidak suka.

Pengetahuan ini berharga bagi para pemimpin, karena memungkinkan mereka untuk mencocokkan keahlian dan kompetensi setiap karyawan dengan masalah tertentu. Ini bisa membantu meningkatkan produktivitas.

Jaga hubungan antar karyawan
Periksa cara mereka bekerja bersama dan mengambil langkah. Ini berguna untuk meningkatkan komunikasi dan kepercayaan di antara tim.

Jika ada konflik, cobalah bertindak sebagai mediator untuk menyelesaikannya secara damai. Ajak mereka saling bertukar pikiran tentang solusi.

Dukung kerjasama tim
Setelah menjalin hubungan dengan karyawan, saatnya untuk membantu mereka bekerja sama secara efektif. Dorong tim untuk berbagi informasi, baik di antara mereka sendiri maupun di dalam organisasi yang lebih luas.

Tetapkan aturan dasar untuk tim
Akhirnya, kamu dapat mulai membentuk tim secara resmi dengan menciptakan nilai dan tujuan tim, serta mengevaluasi kinerja mereka baik secara tim atau individu. Libatkan tim kamu dalam proses ini, sehingga mereka tahu apa yang diperlukan.

Membangun tim merupakan salah satu tanggung jawab paling penting yang dimiliki manajer.

Ini bukan sesuatu yang dapat dicapai dalam waktu singkat kemudian dilupakan, melainkan proses organik berkelanjutan yang harus kamu pandu.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version