Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 18, 2024
redaksi@topcareer.id
SekolahTren

Lulusan Pendidikan Vokasi Banyak Menganggur, Apa yang Salah?

Swiss menjadi negara panutan dalam pendidikan vokasi. Ada komponen yang bisa diadopsi oleh pendidikan vokasi di Indonesia, seperti rasio praktek yang jauh lebih banyak dibandingkan teori sehingga lulusannya bisa berkompetensi tinggi.

Selain itu, kurikulum juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Saat ini, kurikulum di Indonesia masih diambil dari politeknik yang sudah berjalan, atau dari beberapa universitas lain yang kemudian diadopsi dan dijadikan kurikulum baru.

“Jadi tidak diaktualisasi berdasarkan perubahan yang ada di industri, dan sebaiknya kurikulum dibuat oleh orang industri itu sendiri” katanya.

Kiky menambahkan, sekolah vokasi yang saat ini dibutuhkan dapat dilihat berdasarkan sektor industri yang berpotensi meningkatkan ekonomi, seperti industri kayu.

Indonesia memiliki hutan tebesar ke 3 di Asia, tetapi nilai ekspor masih terbilang kecil dibandingkan vietnam. Hal ini lantaran kita masih menjualnya dalam bahan mentah sehingga tidak memiliki nilai jual yang tinggi.

“Industri ini belum maksimal, bahan baku banyak, permintaan banyak, harga melonjak naik tapi kita tidak dapat hasilnya.” ujar Kiky.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply