Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ini Tingkatan Posisi Chef di Dapur Profesional

Untuk itu, ada chef yang memang fokus membuat menu-menu baru tersebut. Biasanya sous chef hingga chef de partie inilah yang ikut campur tangan membuat menu baru.

Baca juga: Mau Jadi Chef Profesional? Ini Dua Jalur yang Bisa Ditempuh

“Kalau develop di profesional kitchen itu mulai dari CDP ke atas. Mereka yang nyari menu-menu baru. Kalau hotel restoran bakery, kalau di profesional kitchen, atau profesional food industry itu, menu enggak bisa sama terus,” ujar Septian.

“Paling nggak setahun lah (membuat menu baru), setahun aja itu paling lama. Enam bulan lah, bahkan kalau di hotel biasanya tiap bulan ada menu of the month, tiap bulan ada tambahan satu menu baru.”

Selain mengurus menu-menu baru, untuk level sous chef dan executive chef juga akan berkaitan soal biaya-biaya produksi di dapur. Termasuk biaya yang dihabiskan dalam menu baru hingga perhitungan harganya.

Kemudian, di bawah posisi chef de partie ada namanya demi chef. Tugas demi chef menjaga kualitas dan konsistensi produk yang dihasilkan, mengontrol stok hingga memastikan semua pekerjaan timnya berjalan dengan baik dan benar. Demi chef ini juga kerap disamakan dengan bagian supervisor.

Di bawah posisi demi chef ada commis chef. Commis chef pun terdiri dari  tiga tingkatan, yakni commis 3, commis 2, hingga yang tertinggi commis 1. Tugas mereka, yakni membantu juru masak dalam mempersiapkan bahan-bahan selama proses masak. Di bawah commis chef, ada helper. Kurang lebih tugasnya sama dengan commis chef namun, beda tingkatan saja.

Leave a Reply