Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

8 Tips Jadi Pendengar yang Baik

Berempati, bersimpati, tunjukkan minat
Kamu bisa menunjukkan minat dan koneksimu dalam percakapan melalui ekspresi, bahasa tubuh, dan kata-kata sendiri. Mengangguk setuju dapat menunjukkan kamu terlibat dan mendengarkan. Condongkan tubuh ke depan ke arah orang yang kamu dengarkan.

Tersenyumlah atau tunjukkan kekhawatiran dengan tepat. Berikan sentuhan tangan di bahu untuk menunjukkan empati.

Berlatih diam
Terkadang cara terbaik untuk mendengarkan adalah dengan memberikan silent moment dalam percakapan. Respon verbal tidak selalu diperlukan. Terkadang koneksi yang paling kuat dibuat dalam kesunyian itu.

Ajukan pertanyaan menyelidik
Pastikan pertanyaan kamu tidak menjadi interogasi. Ajukan pertanyaan dengan tepat waktu dan tidak mengancam. Misal, “Bisakah kamu memberi tahu saya lebih banyak tentang itu?” Sudah cukup untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar mendengarkan.

Jangan menyela atau mengubah topik pembicaraan
Jika kamu ingin menjadi pendengar yang baik, kamu harus membiarkan pembicara untuk menyelesaikan pemikirannya tanpa mengganggu mereka.

Sebelum kamu menyela pembicaraan dengan tanggapanmu, pastikan orang lain selesai berbicara. Izinkan jeda dalam percakapan cukup lama untuk memastikan giliranmu berbicara.

Berpikir sebelum merespons
Ketika tiba saatnya kamu untuk menanggapi, biarkan kata-katamu menjadi cerminan dari hasil mendengarkan. Pastikan kamu sudah merenungkan apa yang baru saja kamu dengar sehingga kamu bisa menawarkan jawaban yang dipertimbangkan dengan baik.

Menjadi pendengar yang baik merupakan keterampilan yang harus kamu latih. Berusahalah secara sadar untuk menjadi lebih banyak mendengar daripada pembicara. Belajarlah membaca ekspresi dan bahasa tubuh orang lain.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply