TopCareerID

Pertanyaan yang Muncul dalam Wawancara Beasiswa

Topcareer.id – Saat proses pengajuan beasiswa, biasanya kamu akan melewati tahapan interview atau wawancara. Beberapa pertanyaan yang diajukan akan mampu menunjukkan kepribadian kamu.

Berikut ini daftar pertanyaan yang sering muncul saat wawancara beasiswa seperti dikutip dalam laman USA Scholarship, Jumat (18/10/2019)

1. Ceritakan tentang dirimu

Ini merupakan mantra 60 detik yang menyoroti keahlian khususmu, minat, dan bagaimana mereka berkaitan dengan beasiswa. Tetap buat singkat dan manis. Jika mereka ingin mengetahui lebih detail atau spesifik, mereka akan bertanya.

2. Bagaimana kamu akan menggunakan beasiswa tersebut

Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan ini dengan rincian biaya bulanan dalam portofoliomu. Kamu dapat memasukkan kolom seperti uang sekolah, buku, hidup, transportasi, dan makanan untuk menunjukkan potensi pengeluaran dan kemudian mengalokasikan dana beasiswa sesuai.

3. Ceritakan tentang kekuatan terbesarmu?

Pilih kualitas yang kamu rasa paling kuat dan berikan contoh serta cerita spesifik mengapa itu penting. Jika kamu seorang penulis yang hebat, bicarakan saat tulisanmu berdampak. Jika kamu seorang atlet hebat, ikat pengalaman atau pencapaian tertentu dengan kekuatanmu dalam kinerja atletik.

4. Apa kelemahan terbesar kamu?

Ini adalah saat yang tepat untuk berbicara tentang bagaimana kamu mengatasi kelemahanmu dan mencapai kesuksesan, atau menemukan cara berbeda untuk mendekati masalah.

5. Jelaskan kesalahan terbesarmu?

Sama seperti jawaban di atas, pilih pengalaman tertentu di mana ada moral positif pada cerita. Bicarakan kesalahan itu, tetapi habiskan lebih banyak waktu dalam responsmu untuk membahas bagaimana kesalahan itu membantumu belajar, tumbuh, dan berkembang sebagai pribadi.

6. Mengapa kamu pantas menerima beasiswa ini?

Jawabanmu harus mencakup informasi tentang apa yang menjadikanmu unik. Juga bagaimana keberhasilan di masa lalu itu bisa memberi kesuksesan di masa depan. Katakan kepada mereka mengapa kamu adalah investasi yang baik, dan beri mereka narasi untuk mendukung klaimmu.

7. Di mana kamu melihat dirimu dalam lima/sepuluh/dua puluh tahun?

Mereka ingin memastikan bahwa lima tahun dari sekarang kamu tidak lagi melihat dirimu sebagai sarjana. Tidak apa-apa untuk bermimpi besar, tetapi juga penting untuk memasukkan bagaimana beasiswa akan memfasilitasi kesuksesanmu mencapai hal itu. Beri tahu mereka mengapa uang mereka penting.

8. Siapa role model di kehidupanmu?

Pilih seseorang yang menginspirasi, dan berbicara tentang bagaimana kehidupan, tindakan, atau prestasi mereka telah mendorongmu untuk berhasil. Apa yang telah kamu pelajari dari mereka, dan mengapa itu penting?

9. Ceritakan tentang pengalaman kepemimpinanmu

Ingatlah, bahkan jika kamu tidak pernah memegang jabatan atau fungsi kepemimpinan formal, kamu mungkin masih memiliki contoh di mana kamu memimpin kelompok atau tim menuju kesuksesan.

10. Apa buku/film/lagu favorit?

Pilih yang bermakna karena alasan tertentu, dan diskusikan alasannya. Apakah karakter tertentu berhubungan atau memotivasi? Apakah lirik tertentu membuatmu ingin menaklukkan dunia? Untuk sebagian besar wawancara, hal-hal spesifik yang kamu pilih tidak penting, tetapi menarik hubungannya dengan mengapa itu penting bagimu.

Exit mobile version