TopCareerID

Kiat Cegah Flu Jelang Musim Hujan

Topcareer.id – Sudah memasuki musim hujan nih, hati-hati gejala flu bisa saja menghampiri kapan saja. Demam mendadak, tubuh yang sakit, gampang capek, atau batuk kering. Itu baru beberapa gejala yang mungkin bisa dihilangkan sebelum tubuh benar-benar drop. Berikut kiat atasi flu jelang musim hujan.

Istirahat cukup dan minum air putih

Menurut NHS, cobalah untuk istirahat cukup dan minum banyak air untuk menghindari dehidrasi. Minum dan makan makanan tertentu adalah beberapa solusi alami lain yang mungkin bisa berguna.

Mengkonsumsi makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas adalah salah satu cara yang mungkin membantu menghilangkan gejala pilek, tapi seorang dokter memperingatkan makan makanan pedas ketika kamu terserang flu juga tidak selalu bikin lebih baik.

Dr Andrew Thornber, kepala petugas medis di Now Patient, mengatakan makanan pedas membantu membersihkan sinus, terutama saat kamu menderita sakit kepala.

“Makanan pedas membantu melonggarkan lendir dan dahak secara alami” kata Dr. Andrew dalam Express.co.uk.

Namun Andrew mengingatkan, jika kamu memiliki gejala flu atau gastrointestinal dengan flu, makanan pedas dapat meningkatkan gejala tersebut. Jadi, berhati-hatilah.

Jika kamu pilek, benarkah mengembuskan hidung lebih sering bikin lebih baik? Dr Thornber berkata, mengembuskan hidungmu lebih baik daripada mengendus lendir kembali ke kepala, tapi kamu harus melakukannya dengan benar, jangan meniup terlalu keras.

“Ini bisa mengirim dahak kembali ke saluran telinga, yang dapat menyebabkan sakit telinga.”

Cara terbaik yang ia rekomendasikan adalah menekan satu jari di atas satu lubang hidung sementara kamu meniup dengan lembut untuk membersihkan yang lain.

Minum paracetamol atau ibuprofen

Cara lain untuk mengobati flu adalah dengan minum parasetamol atau ibuprofen. Kedua obat ini berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh serta mengobati sakit dan nyeri. Tetapi bisakah mengonsumsi parasetamol dan ibuprofen secara bersamaan?

“Jika kamu berusia di atas 16 tahun, saran medis menunjukkan tidak ada hubungan berbahaya yang diketahui antara minum ibuprofen dan parasetamol secara bersamaan,” kata Dr Thornber.

Exit mobile version