Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk, Buat Rencana Keuangan Metode 50-20-30, Mudah dan Efektif!

Topcareer.id – Gaji kamu habis sebelum waktunya? atau ketika akhir bulan tidak ada uang tersisa untuk melakukan trip atau ditabung? Nah, kamu kayaknya perlu mengetahui metode keuangan 50-20-30.

Seperti dikutip dari Forbes.com, metode 50-20-30 membantu kamu mengatur keuangan dengan menggunakan tiga kategori pengeluaran:

  • 50% dari penghasilan harus kamu gunakan untuk biaya hidup dan kebutuhan pokok seperti biaya sewa rumah, biaya makan, transportasi, pulsa, listrik dan lainnya.
  • 20% dari penghasilan harus kamu gunakan untuk tujuan finansial seperti investasi, tabungan dan pembayaran utang yang kamu miliki.
  • 30% dari penghasilan harus kamu gunakan untuk pengeluaran yang fleksibel seperti menonton film atau melakukan trip. Jika kamu mengeluarkannya kurang dari 30%, ini akan bagus, karena kamu memiliki tabungan lebih.

Bagaimana cara memulai metode 50-20-30?

  • Pertama, hitung gaji bersih yang kamu dapatkan, hal ini yang mendasari pembagian metode 50-20-30. Jika kamu wiraswasta, berhati-hatilah untuk melacak dan memahami penghasilan rata-rata kamu per bulan sehingga anggarannya bisa sesuai.
  • Kedua, lacak pengeluaran kamu. Ini berarti kamu harus mencatat semua detail pengeluaran, mulai dari pembelian minuman hingga uang sewa rumah. Baru deh kamu masukkan rencana anggaran kamu menggunakan metode 50-20-30.

Mengapa aturan 50-20-30 berfungsi?

Metode ini akan membuat catatan keuangan kamu menjadi lebih sederhana dan membuat kamu jadi tidak lupa menabung. Metode 50-20-30 juga memberikan kamu fleksibilitas, sehingga kamu bisa mengubah presentase untuk membuatnya berfungsi lebih baik lagi.

Baca juga:

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply