Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Madani Film Festival 2019: Review Yomeddine, Wakil Mesir di Cannes dan Oscar

Makna “Yawmid-diin

Yomeddine berarti hari pembalasan. Kita mungkin lebih familiar dengan ejaan “yawmid-diin” seperti penggalan ayat ke-4 surat Al-Fatihah, “Maaliki yawmid-diin” atau “Penguasa hari perhitungan (atau pembalasan).”

Di buku Mengarungi Samudera Al-Fatihah (Kukuruyuk Publishing, 2019), Qaris Tajuddin, wartawan Tempo yang juga lulusan Universitas Al Azhar Kairo, menulis kata “diin” punya banyak makna. Ia bisa berarti agama, serta juga berarti: kebiasaan, tradisi, jalan, hidup berhati-hati. Meski berbeda, arti-arti itu bisa dikelompokkan menjadi satu hal, yaitu jalan hidup.

Baca juga: Review Film Joker: Kala Kebobrokan Sosial dan Depresi Melahirkan Penjahat

Ada pula arti lain, yaitu kerajaan, sultan, pemerintahan. Arti kekuasaan ini muncul karena di masa lalu penguasa dianggap sebagai kepanjangan tangan tuhan, dan dengan begitu berhak menentukan agama rakyatnya.

Sedikit banyak, selain bicara tentang jalan hidup atau kisah perjalanan hidup, Yomeddine juga bicara tentang kematian. Di film ini sejumlah kematian terjadi dan dibicarakan.

Pun hari pembalasan. Hampir semua agama punya konsep tentang hari akhir/pembalasan. Tujuannya sebagai wujud Kemaha-adilan Tuhan, untuk memotivasi umat berbuat baik dan menjauhi yang dilarang serta untuk mendewasakan dan mendidik umat.

Yang jadi masalah, catat Qaris, ketika itu jadi satu-satunya alasan beragama. Sebab, sambil menyitir ucapan Rasul, alasan beragama adalah menjadikan kita orang dengan karakter baik. “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia.” Surga dan neraka dipandang hanya sebagai motivasi. Bukan tujuan beragama.

Sampai di situ pesannya sama dengan Yomeddine: kebaikan bisa datang dari mana saja. Bahkan dari si miskin penderita kusta yang non-Muslim dan bocah yang tak berayah-ibu.

Yomeddine membuka Madani Film Festival 2019. Festival film ini berlangsung hingga 27 Oktober 2019. Jadwal film lain yang diputar dan berbagai acara di festival itu bisa dilihat di laman resmi dan akun sosial Madani Film Festival. *

Editor: Feby Ferdian

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply