Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Atasi Kecanduan Smartphone

Topcareer.id – Penelitian menunjukkan bahwa ketika kita semakin bergantung pada teknologi, kecerdasan, tingkat perhatian, dan keterampilan sosial kita semakin lemah. Kehadiran smartphone adalah salah satu hal yang membuat kita bergantung pada teknologi, bahkan bisa sampai kecanduan.

Untuk menghindari kecanduan smartphone yang semakin menghawatirkan, coba beberapa cara berikut yang dikutip dari laman Inc.

Lacak penggunaan smartphonemu

Ironisnya, kamu bisa menghentikan kecanduanmu akan aplikasi di smartphone menggunakan aplikasi lain. Meskipun tidak ideal, ada aplikasi seperti SPACE dan Moment yang bisa membantumu menemukan keseimbangan masa pakai ponsel pribadimu dengan memantau penggunaan smartphone dan menetapkan batas.

Berhenti Nge-scroll

Banyak aplikasi seluler paling populer (Facebook, Instagram, Pinterest, dan lainnya) dirancang dengan fungsi scroll yang tak terbatas, tempat di mana kamu dapat mengonsumsi feed tanpa akhir. Namun, scrolling tak terbatas dapat membuat lupa waktu.

Meski rasanya sulit hidup tanpa aplikasi sosial media, tapi coba hapus aplikasi yang kira-kira bikin waktumu hanya habis untuk scrolling.

Tenangkan pikiran

Ada sensasi euforia yang sangat nyata ketika mendapatkan notifikasi media sosial, seperti likes di Instagram atau Facebook. Hal ini memicu pelepasan dopamin di otak, zat kimia yang menciptakan perasaan senang. Ini adalah bagian penting dari sistem penghargaan otak kita.

Meditasi, yoga, olahraga, dan kegiatan mindfulness lainnya telah terbukti menghasilkan pelepasan dopamin secara alami, mengurangi hasrat dari serbuan dopamin yang ditawarkan smartphone.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply