Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Atasi Kecanduan Smartphone

Gunakan versi fisik dari aplikasi yang berguna

Pernahkah kamu merasa ingin mengecek cuaca atau membuat catatan di smartphone, tapi kamu malah terjebak selama 20 menit untuk lagi-lagi scrolling Instagram karena pancingan notifikasi. Untuk menghindari masalah ini, coba ganti sebanyak mungkin alat digital dengan yang fisik.

Misalnya, menggunakan jam alarm nyata (dan menjaga ponsel Anda dari jangkauan saat tidur). Bawalah buku catatan dan pena fisik untuk mencatat.

Matikan semua pemberitahuan tidak terkait

Matikan notifikasi apapun dari aplikasi kecuali pemberitahuan itu memberi tahu bahwa rekan kerja, teman, atau keluarga mungkin membutuhkan perhatian secara real time. Kamu bahkan dapat mempertimbangkan untuk menghapus aplikasi media sosial dari ponsel dan hanya mengaksesnya melalui komputer.

Ubah ponselmu menjadi grayscale

Ini adalah rekomendasi populer oleh Tristan Harris, Co-Founder Center for Human Technology. Penelitian menunjukkan bahwa warna melekat pada emosi dan prioritas, terutama gelembung pemberitahuan merah kecil yang telah mengendalikan kita begitu lama.

Mengubah ponsel menjadi hitam dan putih dapat mengurangi keinginan untuk melihat notifikasi baru yang menarik ke pusaran scrolling tak terbatas.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply