Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

5 Tanda Sistem Imun Sedang Lemah

Sumber foto: India TodaySumber foto: India Today

Topcareer.id – Stres, kurang tidur, berbagai obat, atau penyakit tertentu dapat membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Ketika itu terjadi, tubuh pasti mengetahuinya.

Jika kamu memiliki sistem kekebalan yang sedang berjuang sekarang, tubuh akan mengirimkan berbagai sinyal. Berikut beberapa sinyal yang akan kamu rasakan, seperti dalam laman Bustle.

Sering merasa lelah

Kelelahan merupakan gejala dari kondisi autoimun, yakni ketika sistem kekebalan mulai menyerang jaringan dan organ yang sehat, menurut Healthline. Kondisi autoimun diduga disebabkan oleh sistem kekebalan yang terlalu aktif sehingga menemukan ancaman di tempat yang tidak ada.

Namun, kelelahan secara umum tanpa sebab yang jelas juga bisa menjadi sinyal umum bahwa sistem kekebalan tubuh sedang berjuang untuk memerangi ancaman.

Tangan menjadi putih pucat saat dingin

Masalah sirkulasi dapat dikaitkan dengan disfungsi sistem kekebalan tubuh. WebMD mencatat bahwa tangan yang mudah memutih ketika terkena flu, menandakan bahwa mereka tidak mendapatkan aliran darah yang cukup, dan sering dikaitkan dengan kondisi atau gangguan sistem kekebalan tubuh.

Bukan hanya tangan, kerentanan terhadap dingin juga dapat memengaruhi hidung, telinga, dan kaki. Ini disebut fenomena Raynaud, yang merupakan sinyal untuk kondisi autoimun termasuk lupus dan gangguan tiroid, menurut Johns Hopkins Medicine.

Kulit gatal dan merah

Jika kamu mengalami banyak iritasi kulit di tempat yang sebelumnya tidak kamu alami, seperti ruam, dermatitis, atau reaksi alergi, itu mungkin merupakan sinyal bahwa penghalang epitel kulit bereaksi terhadap ancaman lingkungan.

Ini juga bisa menjadi gejala hipersensitivitas baru, di mana tubuh  mengembangkan reaksi alergi segar terhadap sesuatu.

Dalam kasus ini, dijelaskan Dr. Anna Feldweg di Everyday Health, sistem kekebalan yang berjuang untuk membedakan ancaman, bereaksi terhadap zat yang tidak bersalah seolah-olah protein ini adalah kuman yang perlu dilawan. Hasilnya peradangan kulit dan ruam merah.

Kamu mungkin memiliki alergi baru

Tentu saja jika sistem kekebalan melemah, kamu akan mengalami lebih sedikit alergi, bukan? Namun, Immune Deficiency Foundation menjelaskan bahwa hal itu tidak selalu terjadi, terutama bagi orang yang memiliki imunodefisiensi primer atau PI. PI adalah gangguan yang sering diturunkan, dan mengganggu fungsi kekebalan tubuh.

Namun, ada sisi lain dari ini. Jika sistem kekebalan tubuhmu biasanya sehat dan sedang berjuang sekarang, itu sebenarnya dapat mengurangi kemungkinan alergi. Reaksi alergi yang melemah juga bisa menjadi tanda melemahnya fungsi kekebalan tubuh.

Sering sariawan atau infeksi lainnya

Tak dapat menghilangkan masalah berulang seperti sariawan? Sistem kekebalan yang berfungsi buruk mungkin bisa disalahkan. Tubuh tampaknya tidak dapat membersihkan diri dari pemicu bakteri atau virus pemicu infeksi, yang berarti bahwa mereka kembali lagi dan lagi. Luka dingin juga termasuk dalam kategori ini.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply