Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Yang Kamu Mungkin Belum Tahu Soal Industri 4.0, Ini Penjelasannya

ilustrasi.

Siapa yang memulai Industri 4.0?

Industri 4.0 berbeda karena ia bukan berasal dari satu perusahaan, melainkan dari pemerintah, dengan memo pemerintah Jerman pada tahun 2013 yang diakui secara luas sebagai salah satu pertama kalinya ‘Industri 4.0’ disebutkan.

Hingga saat ini, pemerintah Jerman menginvestasikan sekitar 200 juta euro untuk mendorong penelitian lintas akademi, bisnis serta pemerintah, dan Jerman bukan satu-satunya negara di mana kemajuan industri terjadi.

Amerika Serikat memiliki Smart Manufacturing Leadership Coalition (SMLC), sebuah organisasi nirlaba yang terdiri dari produsen, pemasok, perusahaan teknologi, lembaga pemerintah, universitas dan laboratorium yang semuanya memiliki tujuan bersama untuk memajukan cara berpikir di balik Industry 4.0.

Baca juga: Produk Ramah Lingkungan Bakal Jadi Tren Industri Fashion

Ini bertujuan untuk membangun platform manufaktur yang terbuka dan cerdas untuk aplikasi informasi jaringan industri. Harapannya bahwa pada akhirnya perusahaan manufaktur dari semua ukuran mendapatkan akses yang mudah dan terjangkau dalam pembentukan teknologi analitik yang bisa disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Berapa nilai 4.0 Industri?

Apa pun yang melekat pada Internet of Things atau peningkatan otomatisasi bernilai jumlah yang rapi dan Industry 4.0 tidak berbeda, dengan analisis yang menilai teknologi di sekitar gagasan itu praktis tidak pernah berakhir.

Angka terbaru dari KPMG memperkirakan bahwa pasar komponen Industri 4.0 bernilai lebih dari USD 4 triliun pada tahun 2020. Ini di atas nilai yang diharapkan dari pasar Internet of Things (IoT), yang diperkirakan lembaga riset global Gartner akan bernilai hampir USD 3,7 triliun pada tahun 2020.

Bisnis dimanapun dianggap bisa mengambil manfaat dengan merangkul Industry 4.0. Sebagian besar keuntungannya untuk produktivitas yang lebih tinggi dan pengurangan biaya dari menggunakan data real-time. Jaringan 5G kini semakin berkembang dan membantu meningkatkan efisiensi lebih optimal.

Nilai dari industri 4.0 berasal dari peningkatan produktivitas dan penghapusan inefisiensi di semua level, menjadikannya salah satu ide paling berharga di zaman sekarang. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply