Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jenis Makanan dan Minuman Ini Buruk Bagi Kesehatan Otak

(pixabay.com)

4. Makanan olahan
Makanan olahan cenderung tinggi gula, ditambahkan lemak dan garam. Contohnya keripik, permen, mie instan, popcorn microwave, saus yang dibeli di toko dan makanan siap saji. Makanan ini biasanya tinggi kalori dan rendah nutrisi. Sebuah studi menemukan peningkatan lemak di sekitar organ otak terkait dengan kerusakan jaringan otak.

Sebaiknya mengurangi asupan makanan olahan dengan mengonsumsi sebagian besar makanan segar, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, daging dan ikan.

Baca juga: Begini Akal-akalan Food Stylist Bikin Makanan Menggugah Selera

5. Aspartame
Aspartame adalah pemanis buatan yang digunakan dalam banyak produk bebas gula. Orang sering memilih untuk menggunakannya ketika mencoba menurunkan berat badan atau menghindari gula ketika mereka menderita diabetes. Aspartam terbuat dari fenillanin, metanol, dan asam aspartan. Fenilalanin bisa melewati pembatas darah otak dan mengganggu produksi neurotransmiter.

Penelitian menunjukkan mereka yang banyak mengonsumsi aspartame lebih mudah tersinggung, memiliki tingkat depresi yang lebih tinggi dan berkinerja buruk. Meskipun begitu, aspartame masih dianggap sebagai pemanis yang aman secara keseluruhan jika tidak berlebihan.

6. Alkohol
Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, alkohol bisa menjadi tambahan yang menyenangkan untuk hidangan yang enak. Namun, konsumsi yang berlebihan dapat memiliki efek serius pada otak. Penggunaan alkohol kronis menghasilkan pengurangan volume otak, perubahan metabolisme dan gangguan neurotransmiter, yang merupakan bahan kimia yang digunakan otak untuk berkomunikasi.

Namun, konsumsi alkohol moderat mungkin memiliki efek menguntungkan, termasuk peningkatan kesehatan jantung dan penurunan risiko diabetes. Efek menguntungkan ini terutama dicatat dalam konsumsi wine satu gelas per hari.

7. Ikan tinggi merkuri
Merkuri adalah kontaminan logam berat dan racun neurologis yang dapat disimpan dalam waktu lama di jaringan hewan. Sumber makanan utama merkuri pada manusia adalah makanan laut. Efek toksisitas merkuri termasuk gangguan sistem saraf pusat dan neurotransmiter dan stimulasi neurotoksin, yang mengakibatkan kerusakan otak.

Namun, kebanyakan ikan bukan merupakan sumber merkuri yang signifikan. Faktanya, ikan adalah protein berkualitas tinggi dan mengandung banyak nutrisi penting. Wanita hamil dan anak-anak harus menghindari atau membatasi ikan dengan merkuri tinggi seperti hiu, ikan pedang, tuna, dan mackerel. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply