Topcareer.id – Logo merupakan aspek terpenting dalam sebuah brand, jadi perlu yang simple dan mudah diingat. Tak jarang penciptaan logo malah enggak berhasil dan gagal menyampaikan pesan dari brand tersebut.
Tak berhasilnya pembuatan logo itu lantaran ada kesalahan-kesalahan umum yang dilakukan, berikut beberapa di antaranya menurut laman Sitepoint.
Mengikuti Gimmick, Tren dan Mode
Dalam desain, sepertinya selalu ada beberapa tren baru yang terjadi, tidak peduli apakah itu untuk desain web, desain grafis, atau bahkan mode. Ya, mungkin ada beberapa situs di luar sana yang menggunakan hal ini. Namun sebelum mengikuti mereka, cobalah bertanya pada diri sendiri, sampai kapan akan bertahan?
Mendapatkan logo baru seperti membeli jas yang bagus. Itu harus menjadi investasi yang berlangsung bertahun-tahun, bukan hanya musim ini.
Mengingat hal ini, sebaiknya tahu persis bagaimana brand ingin diwakili. Ketahui juga apa yang diinginkan pengguna dan pelanggannya, bukan hanya sekadar ikut tren.
Meniru Merek Sukses
Kesalahan ini sering dilakukan dalam menciptakan desain logo. Percayalah, meniru desain orang lain tidak keren.
Lakukan riset dan cobalah untuk selalu orisinal, klien akan berterima kasih untuk itu dan kamu tidak akan berakhir di pengadilan melawan kasus copyright.
Bikin hal-hal yang terlalu rumit
Terkadang kamu tergoda untuk membuat sesuatu yang benar-benar memamerkan keahlianmu, tetapi desain yang terlalu cerdas nan rumit justru berpotensi gagal.
Kesederhanaan adalah kunci. Hal ini didukung beberapa alasan seperti:
- Dampak Instan: kamu ingin klien dan konsumen dapat menerima apa yang dikatakan logo secara instan
- Daya ingat tinggi: Logo yang dapat dipahami secara instan akan memungkinkan orang untuk mengingatnya dengan lebih mudah.
- Produksi ulang yang mudah: harus dapat diproduksi ulang pada ukuran apa pun, untuk media apapun, tanpa kehilangan dampaknya.
Editor: Feby Ferdian