Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Donald Trump Tak Sendirian, Ini Negara yang Memakzulkan Presidennya

Presiden AS Donald Trump. (dok. Politico)

Indonesia

Tiga kepala negara Indoenesia juga harus dimakzulkan secara politik. Ketiganya, yakni Soekarno, Soeharto, dan Abdurahman Wahid (Gus Dur).

Pada 1966 rakyat menggugat Presiden Soekarno terlibat kasus G30S/PKI. Kemudian 1998 terjadi krisis ekonomi sehingga rakyat marah dan melengserkan Soeharto. Abdurrahman Wahid, dituduh tidak kompeten dan korupsi, diberhentikan dari kursi kepresidenan pada 23 Juli 2001. Namun, tuduhan skandal korupsi Gus Dur sama sekali tak pernah terbukti sampai sekarang.

Baca juga: Wow, Total Gaji 12 Staf Khusus Presiden Sebulan Rp 612 Juta!

Venezuela

Presiden saat itu, Carlos Andres Perez, dituduh melakukan penggelapan dan pengayaan ilegal, dimakzulkan pada Mei 1993 dan pemecatannya dikonfirmasi oleh Kongres pada 31 Agustus 1993. Carlos menjadi yang pertama dipecat dari jabatan presiden karena penjarahan uang tunai pemerintah.

Paraguay

Fernando Lugo dimakzulkan dari kursi kepresidenan pada 22 Juni 2012 karena lalai bertugas setelah menangani sengketa tanah yang menewaskan 17 orang. Fernando menghadapi dakwaan terhadap nepotisme dan pembebasan lahan yang provokatif. Mayoritas parlemen memilih untuk memecatnya, dan dia digantikan oleh wakilnya Federico Franco. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply