Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Empat Poin yang Nggak Perlu Dimasukkan ke Resume

Ilustrasi

Topcareer.id – Resume mestinya berisi informasi diri yang mampu meyakinkan perusahaan untuk merekrut kamu hanya lewat tulisan dan poin-poin penting. Namun, tak semua hal yang berkaitan dengan informasi diri perlu dimasukkan dalam resume. Empat poin berikut ini rasanya tak harus ada dalam resume kamu.

1. URL LinkedIn

Jika kamu menggunakan LinkedIn dengan benar, pastinya akun kamu mudah dicari di platform. Jika seseorang mengetahui informasi dasar seperti nama kamu bersama dengan pekerjaan atau domisili, kemungkinan kamu akan sangat mudah ditemukan.

URL LinkedIn adalah salah satu dari empat item yang dapat kamu tinggalkan dari resume karena itu mengacaukan dokumen. Tidak perlu menambahkan lebih banyak teks dari yang diperlukan.

2. Hobi

Memasukkan proyek sampingan atau kerja sukarela adalah ide bagus, tetapi tidak perlu menyertakan informasi tentang hobi di resume. Hobi dapat diintegrasikan ke dalam profil LinkedIn untuk menunjukkan lebih banyak tentang kepribadianmu. Atau itu dapat digunakan sebagai poin pembicaraan selama wawancara, namun, tidak perlu untuk memasukkannya ke dalam resume.

Resume dimaksudkan untuk menunjukkan apa yang telah kamu capai dalam karier. Daripada menyia-nyiakan ruang untuk apa yang kamu sukai, seperti memasak atau membaca, gunakan ruang untuk menyoroti apa yang telah dicapai dalam setiap peran.

3. Kelas Perguruan Tinggi (jika kamu keluar dari sekolah dan memiliki setidaknya satu pekerjaan pascasarjana)

Kecuali kamu saat ini masih kuliah atau baru lulus (mencari pekerjaan pertama di luar perguruan tinggi), tidak perlu menyertakan informasi tentang kelas yang kamu ambil di perguruan tinggi. Setelah berhasil melewati pekerjaan tingkat pertama atau kedua, pemberi kerja lebih peduli tentang apa yang kamu capai di tempat kerja daripada apa yang kamu pelajari di ruang kelas. Pendidikan itu penting, tetapi pengalaman kerja selalu diutamakan.

4. Tanggal Pendidikan (kecuali kamu baru lulus atau sedang sekolah)

Jangan mencantumkan tanggal pendidikan kecuali jika kamu baru lulus atau sedang sekolah. Jika kamu baru saja lulus, tanggal kelulusan akan memberikan perspektif tentang mengapa kamu tidak memiliki banyak pengalaman.

Setelah lulus sekolah beberapa tahun lalu, jangan sertakan tanggal pendidikan pada resume. Tanggal pendidikan terakhir (terlepas dari pengalaman) dapat memberikan anggapan bahwa seseorang terlalu “hijau” atau tidak berpengalaman untuk pekerjaan itu. Di sisi lain, tanggal pendidikan yang lama dapat memberikan anggapan bahwa seseorang memiliki terlalu banyak pengalaman untuk posisi itu.

Leave a Reply