Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Ingin Perkataanmu Mudah Diingat dalam 30 Detik? Lakukan ini

Ilustrasi

Topcareer.id – Untuk menarik perhatian seseorang lewat kata-kata kerap sulit dilakukan. Apalagi mengingat bahwa manusia rata-rata kehilangan kemampuan konsentrasi setelah 8 detik. Apa yang harus dilakukan agar perkataan kita bisa diingat lawan bicara dengan jelas? Business Insider merangkum lima cara untuk mengatasinya agar bisa mengingat dalam 30 detik.

1. Gunakan “connection story

Ketika seseorang bertanya soal dirimu (dalam perkenalan rekan kerja), jangan hanya mengatakan “Nama saya X, dan saya seorang (masukkan jabatan).”

“Sebagai gantinya, coba gunakan cerita terkait yang memberi seseorang pandangan sekilas tentang siapa dirimu,” jelas Amanda Marko, seorang konsultan komunikasi strategis, dalam Entrepreneur.

2. Singkirkan jargon (istilah asing)

Ini semua tentang mengenal audiens. Kecuali jika orang yang kamu ajak bicara juga bekerja di industri yang sama denganmu dan mengetahui pekerjaanmu dari dalam dan luar. Tinggalkan istilah-istilah teknis atau istilah khusus industri tersebut. Itu akan membuat apa yang kamu katakan lebih jelas dan melekat dalam pikiran mereka menjadi jauh lebih baik.

3. Tambahkan lelucon

Sebuah studi penelitian Stanford yang dilaporkan oleh Forbes menunjukkan bahwa menyjikan data statistik saja memiliki tingkat retensi 5-10%, tetapi ketika digabungkan dengan anekdot (lelucon), tingkat retensi naik menjadi 65-70%.

4. Bagikan kesamaan yang kamu miliki

Pikirkan apa yang kamu ingat setelah berbicara dengan seseorang. (“Kami kuliah di perguruan tinggi yang sama!” Atau “Ternyata kami tinggal di lingkungan yang sama!”)

Itu karena faktor-faktor umum menyatukan kita, jadi itu adalah memori emas. Kamu perlu menemukan sesuatu yang sama atau lawan bicaramu setidaknya tahu soal pembicaraanmu dari media sosial.

5. Puji mereka

Sederhana, orang akan mengingat bagaimana perasaanmu. Coba beri kehangatan perasaan lawan bicara dengan menawarkan pujian tulus dari dalam hatimu.

Leave a Reply