Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Interview Kerja? Ini 8 Tipe Pewawancara yang Bakal Kamu Hadapi

wawancara kerjaDok. Flickr

5. Pengikut aturan
Pewawancara seperti ini mengajukan pertanyaan yang sama persis pada setiap calon pegawai. Semua pertanyaan sudah disiapkan, metodenya pun sama. Sangat tidak fleksibel terhadap situasi, seperti mengikuti protokol saja. Tapi ada baiknya untuk kamu. Kemungkinan pertanyaan yang diajukan sangat standar dan sudah sering kamu dapatkan diwawancara kerja lain. Pastinya tak sulit dong, menjawab pertanyaan yang sudah pasaran?

6. Pelawak
Orang-orang yang selera humornya tinggi pasti akan membawa humor dalam situasi apa pun, termasuk wawancara kerja. Kadang ini menguntungkan kamu. Tapi kamu juga harus bersiap mendengar komentar aneh bahkan sarkastik darinya. Yang akan membingungkan, saking seringnya bercanda dan melucu, kamu mungkin tak sadar, wawancara sudah dimulai atau belum?

Baca juga: Dapat Panggilan Wawancara? Ini Tips Atasi Panel Interview

7. Si datar
Tak ada respons atas setiap jawaban yang kamu lontarkan. Tak ada komentar, apalagi lelucon. Waspada. Wajah dingin tanpa respons ini bisa sangat menjebak. kamu tak pernah tahu, apakah wawancara berjalan baik atau buruk. Mungkin kamu bisa mencari celah untuk mencairkan suasana. Tapi jangan sampai melontarkan topik pembicaraan tak penting yang malah memperburuk suasana.

8. Pengintimidasi
Setiap kali menjawab pertanyaan, kamu mendapat tanggapan sinis. Setiap pertanyaan diajukan dengan kesan mengintimidasi. Pewawancara seperti ini yang paling dihindari para pencari kerja karena sangat berpotensi menjatuhkan mental, menjatuhkan kepercayaan diri, dan berakibat wawancara menjadi kacau.

Jika tak ingin seperti itu, yang perlu kamu lakukan adalah tenang, fokus, dan tunjukkan kepercayaan diri. Lakukan kontak mata untuk menunjukkan kamu tak gentar. Yang terpenting, berikan jawaban terbaik!*

Editor: Ade Irwansyah

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply