Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengenali Makanan dan Minuman Pemicu Migrain

Ilustrasi. (dok. Tech Explorist)

Topcareer.id – Yang pertama kamu harus ketahui, migrain terbagi atas empat golongan. Pertama migrain biasa dengan gejala seperti nyeri berdenyut di salah satu sisi kepala dengan intensitas sedang hingga berat.

Lalu ada migrain klasik, yang umumnya didahului dengan gejala yang dinamakan aura, yaitu gangguan penglihatan seperti melihat garis bergelombang, cahaya terang, bintik gelap, atau tidak dapat melihat benda dengan jelas.

Kemudian migrain haid, umumnya timbul beberapa hari sebelum, selama, atau sesudah haid. Yang terakhir, migrain komplikasi, kerap disertai gangguan sistem saraf, seperti mati rasa pada kulit dan geli, kesulitan berbicara atau mengerti pembicaraan, ketidakmampuan menggerakkan lengan atau kaki.

Baca juga: Cara Hadapi Migrain Di Kantor

Nah, penyebabnya sudah diketahui. Sekarang giliran untuk mengendus faktor pencetus dan berbagai hal yang memperparah migrain kamu. Faktor pencetus migrain paling dominan adalah konsumsi makanan tertentu, kurang atau tidur yang berlebihan, tidak makan/diet, stres dan tekanan emosi, bau-bauan yang menyengat, dan paparan sinar yang berlebihan.

Selain faktor-faktor itu penderita mgrain juga harus berhati-hati terhadap makanan dan minuman seperti berikut.

Alkohol yang termasuk zat yang diuretik atau penyebab dehidrasi tubuh, sehingga memicu timbulnya migrain. Meski anggur merah memiliki fungsi ganda yang berlawanan, karena kaya akan unsur fenolik yang sangat baik buat jantung, anggur merah juga bisa memicu terjadinya migrain.

Baca juga: Ini Kebiasaan-kebiasaan yang Bisa Picu Kamu Kena Migrain

Kafein. Meski mengonsumsinya membantu menghilangkan migrain, sebenarnya tidak dianjurkan dilakukan bagi penderitanya. Sebab bila sudah kecanduan, kurang konsumsi kafein malah akan memicu terjadinya migrain. Bila hanya ingin menghentikan migrain, satu gelas saja sudah cukup.

Keju. Meski masih pro-kontra, beberapa ahli mengatakan keju adalah salah satu pemicu migrain. Unsur asam amino tiramin yang terkandung pada keju diperkirakan mampu memicu timbulnya sakit kepala, karena mengurangi kadar serotonin dalam otak yang mengganggu irama aliran darah.

Aditif makanan. Para penderita migrain umumnya mengatakan bahwa mereka sangat sensitif dengan makanan yang mengandung MSG, nitrit, aspartame (pemanis buatan), tetrazin, dan sulfite (ditemukan pada minuman alkohol dan wine). *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply