Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Menjadi Karyawan Berwibawa di Kantor

Ilustrasi dari serial Mad Men. (dok. Pinterest)

Jangan jadi “badut” kantor
Di antara personel kantor, pasti ada “badut” yang selalu jadi korban olok-olok rekan kerja. Keberadaan “badut” ini biasanya paling mampu menghibur dan mencairkan suasana. Tapi menjadi “badut” di kantor justru mengurangi wibawa kamu. Ini bukan berarti kamu tak boleh ikutan bercanda dan melontarkan lelucon dengan rekan-rekan kerja. Saat-saat santai justru harus menjadi momen kamu mendekatkan diri dengan semua orang. Lontarkan lelucon cerdas, konyol, tapi tidak menjatuhkan wibawa.

Simpan masalah pribadi
Tagihan kartu kredit kamu membengkak? Habis putus dengan pacar? Bertengkar dengan suami/istri? Apa saja masalah menyangkut kehidupan pribadi kamu, jangan mengumbarnya saat bekerja. “Jangan memulai obrolan masalah pribadi di lift atau toilet. Itu bukan ruang pribadi,” kata Jones.

Baca juga: Ingin Mendeteksi Kebohongan? Begini Caranya

Jangan biarkan meja kerja berantakan
Meja kerja yang berantakan menunjukkan kamu orang yang tidak terorganisir. Seberapapun menumpuknya pekerjaan, jangan biarkan kertas dan dokumen bertebaran di sana-sini. Dan harus diingat, jangan sampai barang-barang pribadi (yang tidak berkaitan dengan pekerjaan) mendominasi isi meja atau ruangan kamu. “Jangan menaruh benda pribadi berlebihan di meja kerja. Bingkai foto, okelah. Tapi alat-alat makeup jelas tidak,” tegas Jones.

Jaga imej di dunia maya
Perilaku di dunia maya mempengaruhi seberapa baik reputasi kamu. Karenanya, jaga dan perhatikan semua detil informasi diri dan aktifitas kamu di akun-akun jejaring sosial yang kamu miliki. Kalau sampai ada foto-foto tidak senonoh dan kata-kata vulgar, itu akan menjatuhkan wibawa. * Diolah dari Berbagai Sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply