- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

5 Cara Tingkatkan Inovasi di Tempat Kerja

Sumber foto: Rebelconnect.com.auSumber foto: Rebelconnect.com.au

Topcareer.id – Budaya perusahaan perlu menciptakan lingkungan di mana kreativitas dipandang sebagai bagian dari inovasi.

Dengan inovasi, peluang besar akan tercipta. Milikilah selalu pola pikir inovasi yang berfokus pada penciptaan masa depan kerja, pengalaman pelanggan, dan pengalaman karyawan.

Mengutip siliconerepublic.com, Kamis (02/02/2020), berikut 5 cara pemimpin dan tim untuk memupuk pola pikir penuh inovasi.

Ciptakan awareness
Para pemimpin perlu membangun awareness bahwa inovasi sebenarnya adalah kombinasi dari ide-ide kreatif real-time bersama dengan ide-ide terobosan. Seringkali pekerja hanya fokus untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-hari sehingga mereka tidak melihat solusi kreatif.

Fokus pada pendekatan bersama
Para pemimpin dan tim perlu meningkatkan pemikiran tentang tujuan yang harus dicapai bersama. Pendekatan khusus juga perlu dilakukan untuk melihat apakah seluruh anggota tim sudah sejalan.

Baca juga: Yuk, Pahami Efek Inovasi Teknologi pada Dunia Kerja

Tanyakan pelanggan dan karyawan
Mengumpulkan data dan menganalisanya adalah cara untuk mempercepat inovasi dan menciptakan solusi yang bermanfaat. Perusahaan paling inovatif seperti Apple dan Starbucks, sebagian besar inovasi mereka didorong oleh umpan balik dari pelanggan dan karyawan.

Keragaman pemikiran menciptakan ide-ide baru
Bantu para pemimpin dan tim untuk melihat nilai keanekaragaman dan perannya dalam inovasi. Dorong pekerja untuk mengadakan sesi saling sharing. Perusahaan multikultural dapat menjadi yang paling inovatif karena penggabungan ide-ide budaya.

Berpikir multi perspektif
Agar dapat berinovasi dan menciptakan masa depan, dibutuhkan kecerdasan yang melampaui metrik klasik IQ. Keterampilan seperti kecerdasan emosional, kecerdasan kreatif, kecerdasan generasi dan lebih banyak lagi perlu diajarkan hingga tertanam dalam benak semua pekerja. Ketika pekerja memiliki berbagai perspektif, mereka dapat keluar dari berbagai kesulitan dan mau terus berinovasi.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply