Topcareer.id – Tren mengatur perjalanan lewat aplikasi semakin digemari lantaran kemudahannya. Teknologi mengambil peran besar di sini.
Riset Agoda (platform perjalanan digital) menunjukkan tiga tren perjalanan baru teratas yang didambakan oleh para wisatawan pada dekade mendatang. Menariknya, semua terkait teknologi.
Tiga tren teknologi pengaturan perjalanan itu, yakni:
- Aplikasi tunggal untuk semua kebutuhan perjalanan,
- Perjalanan bebas paspor, dan
- Check-in melalui aplikasi mobile.
Secara khusus, di Taiwan dan di Asia Tenggara, separuh dari seluruh responden di Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina dan Thailand mempertimbangkan hal-hal tersebut sebagai standar baru dalam dekade mendatang.
Tapi, hal ini berbeda dengan hanya sepertiga orang di Inggris dan Amerika Serikat yang mengamininya.
Baca juga: Barangkali Lupa, Ini 10 Hal yang Tak Boleh Dilakukan di KRL
Satu dari dua orang Asia Tenggara juga melihat check-in melalui aplikasi mobile sebagai suatu standar di tahun 2020-an. Orang Singapura, orang Filipina, Malaysia dan Thailand tercatat yang paling mengharapkan tren ini.
Sementara itu, Singapura, Vietnam, Filipina, China, dan Australia adalah lima negara yang paling mengharapkan perjalanan bebas paspor di masa depan.
Di Inggris dan AS, orang-orang kurang mengharapkan kemajuan ini dengan hanya satu dari lima responden yang memperkirakan tren ini akan menjadi standar dalam dekade berikutnya.
“Ini merupakan zaman keemasan teknologi bagi para wisatawan, karena teknologi dikembangkan untuk menyederhanakan cara bagi siapapunvuntuk mencari, memesan, dan membayar tiket penerbangan, hotel, atau akomodasi liburan, di manapun,” jelas Timothy Hughes, Vice President of Corporate Development di Agoda dalam rilis yang diterima Topcareer.id.
Ia mengatakan, tren pada 2020-an ini akan ditentukan oleh kekuatan data dan Machine Learning/AI. Para wisatawan Asia khususnya, sangat tertarik dengan perkembangan teknologi yang meningkatkan dan menyederhanakan pengalaman perjalanan mereka.
“Saya memperkirakan akan melihat Asia melesat di depan dan memimpin pada tahun 2020-an, terutama di bidang seperti video dan augmented reality, peningkatan layanan mobile dengan lebih banyak solusi chat dan suara, serta solusi pembayaran untuk membantu orang-orang yang tidak memiliki rekening bank untuk melakukan pemesanan online.” ujarnya.
Editor: Feby Ferdian