Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Tips Praktis yang Berguna untuk Ibu Bekerja

Dok. Chispa Magazine

Topcareer.id – Ibu bekerja penuh waktu umumnya menghabiskan 40-50 jam di kantor. Pulang ke rumah diadang macet, di rumah mainan berantakan dan piring kotor menanti.

Duh! Praktikkan 10 kiat berikut dari Today dan Working Mother, ibu bebas dari tekanan, keluarga pun bahagia.

1.Satukan jadwal keluarga di tempat yang mudah terlihat semuanya termasuk jadwal kerja ibu dan ayah yang biasanya tercatat di ponsel atau komputer. Gunakan kalender, papan tulis, atau apa saja agar ibu bisa membagi waktu untuk kegiatan tertentu bila dibutuhkan.

Baca juga: Wanita Bekerja di Mata Pria, Kini Seperti Apa?

2. Siapkan tas anak-anak yang berisikan peralatan sekolah yang dibutuhkan juga seragam sebelum mereka tidur, lantas letakkan di dekat pintu kamar atau gantungkan di pintu kamar.

3. Bangunlah 1 jam mendahului anggota keluarga lain. Siapkan sarapan, mandi, dan berpakaian. Begitu yang lain bangun, ibu dapat memberikan atensi penuh kepada mereka.

4. Sesekali boleh menyiapkan makan malam sesederhana sarapan. Menu telur, misalnya, dengan tambahan sayuran dan pendamping buah-buahan. Boleh, lho melibatkan anak-anak dalam memasak menu sederhana ini.

Baca juga: Bekerja dari Rumah Lebih Efektif Buat Wanita . Ini Penjelasannya

5. Kumpulkan kebutuhan anak-anak dalam beberapa keranjang atau kontainer plastik. Misalnya tisu kering maupun basah, baju ganti anak-anak sekaligus popok bila dibutuhkan, obat-obatan, mainan, dan buku. Letakkan perlengkapan mandi di dekat kamar mandi, agar mudah dijangkau saat dibutuhkan.

6. Ibu pasti tak bisa selalu menghadiri aktivitas sekolah anak. Tawarkan kepada guru bantuan di luar jam kerja. Juga bertemanlah dengan orang tua anak-anak lain, sehingga mereka bisa ikut menjaga bahkan memberi tumpangan kepada anak. Jangan lupa balas jasa mereka.

7. Jangan terlalu banyak curhat tentang kondisi rumah kepada rekan kerja, yang mungkin tak mengerti yang kamu alami. Untuk melepas tekanan, sediakan me time dan jaga pergaulan sosial dengan teman-teman.

Baca juga: Please, Jangan Katakan Ini ke Ibu Hamil yang Bekerja

8. Ajak anak merapikan rumah. Ini mengajari mereka tentang kerja sama sekaligus membentuk kebiasaan rapi. Bahkan anak usia 3 dan 4 tahun sudah bisa membereskan mainan sendiri dan membuang sampah.

9. Jangan lupakan juga waktu bersama suami. Rencanakan makan malam romantis –biarkan anak-anak diasuh orang yang dipercaya.

10. Yang paling esensial, mengapa kamu mau menerapkan semua kiat ini? Semua ini demi anak juga. Agar kamu dapat bermain, membaca, berjalan-jalan, dan tertawa bersama anak dengan lepas dan relaks. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply