Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Sosok

Kisah Chaerul, Montir Motor Perakit Pesawat Hingga Bertemu KSAU

Chaerul dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna. (foto: Hilda/Topcareer.id)

Diundang KSAU

Keberhasilan Chaerul merakit dan menerbangkan pesawatnya itu membuat ia diundang ke Jakarta untuk bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Selasa (21/1/2020). Marsekal Yuyu sangat mengapresiasi Chaerul dengan keinginan besarnya terkait kedirgantaraan.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna dan Chaerul. (foto: Hilda/Topcareer.id)

Marsekal Yuyu mengatakan bahwa TNI AU akan membina potensi yang dimiliki oleh Chaerul dan mengirimnya ke Landasan Udara Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan. Kecintaan dirgantara yang dimiliki Chaerul akan terus dipupuk, namun lebih terarah.

“Saudara Chaerul ini salah satu yang mempunyai keinginan besar soal dirgantara. Saya sangat mengapresiasi keinginannya, terus dikembangkan di bawah pengawasan Lanud di Makassar Hasanuddin,” ujar Marsekal Yuyu.

Baca juga: Dirjen Hubud: Selalu Teliti dan Bijak Saat Membeli Tiket Pesawat

Ia lebih lanjut menyampaikan bahwa bakat yang dimiliki Chaerul sudah sangat bagus. Namun, pesawat rakitan Chaerul itu tetap saja penuh dengan risiko yang bahkan bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Itu yang nanti jadi perhatian TNI AU.

“Saya akan arahkan melalui Lanud di sana, supaya paham betul. Oh pesawat tuh membuatnya begini, ada kelayakan terbang dan sebagainya.”

Untuk mengetahui persoalan terkait kedirgantaraan, serta mengembangkan hobi merakit pesawatnya itu, Chaerul rencananya akan dibawa menjadi anggota Federasi Aero Sport Indonesia (FASI).

“Kebetulan KSAU juga sebagai Ketum PB FASI, salah satu cabangnya ada di sini, dari aeromodeling pembuatan pesawat yang kecil, hingga pembuatan (pesawat) swayasa. Nah, nanti masuk ke situ, sehingga nanti dibawa, dan diarahkan untuk mencintai dirgantara di bawah FASI,” ujar Marsekal Yuyu. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply