Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Kapan Hari Baik untuk Memecat Karyawan? Bukan Jumat

Ilustrasi (Dok. Lifehacker)

Topcareer.id – Pemecatan memang hal yang tak pernah diinginkan dan bahkan berat untuk dilakukan oleh perusahaan.

Memberikan alasan penghentian dengan jelas, jadi yang tersopan dalam melakukan pemecatan. Usaha lainnya, bisa tentukan waktu yang pas untuk melakukan pemecatan.

Akhir-akhir ini, sebagian besar ahli sepakat bahwa Jumat adalah hari terburuk untuk membiarkan seseorang pergi. Tampaknya ada banyak pikiran yang bertentangan kalau menyangkut hari baik untuk memberhentikan seseorang tanpa rasa sakit.

Baca juga: Jangan Katakan 7 Kalimat Ini Saat Rekan Kerja Dipecat

Kari Rosand Scanlon, Konsultan Utama Solusi SDM Spotlight dalam The Ladders percaya bahwa hari Senin adalah hari terbaik untuk memberikan pemecatan kepada seseorang. Itu bisa mempermudah karyawan yang tersisa untuk menyesuaikan diri saat bekerja tanpa karyawan di kantor.

Hari Senin dianggap baik karena bisa memberi karyawan itu waktu enam hari kerja untuk mencari pekerjaan segera.

Sebaliknya, Chief People Officer di perusahaan perekrutan Jobvite Inc, Rachel Bltte, memperkirakan bahwa hari Selasa hingga Kamis lebih mendekati sasaran.

Dengan cara ini karyawan yang diberhentikan dapat memanfaatkan hari kerja untuk menindaklanjuti masalah yang masih ada dan staf yang tersisa dapat memasuki bagian tengah minggu dengan kesempatan mendapatkan kepastian bahwa pekerjaan mereka masih aman.

Baca juga: Interview Kerja, Bagaimana Menjawab Alasan Kamu Dipecat?

Konsultan manajemen dan pengembangan organisasi, Susan M. Heathfield, menguatkan metode pemecatan akan baik jika dilakukan tengah minggu.

“Lebih disukai jika keputusan ini dibuat pertengahan minggu, di pagi hari pada hari Selasa, Rabu atau Kamis. Ini memberi karyawan beberapa jam kerja selama seminggu, dan dia tidak merasa seolah-olah dia membuang-buang waktu untuk bekerja yang terjadi ketika memecat seorang karyawan pada hari Senin,” ucap Heathfield.

Leave a Reply