Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Keren! Bangunan di Amsterdam Ini Menggunakan Bata Kaca

Sumber foto: pinterest.com

Topcareer.id – Di pusat perbelanjaan PC Hooftstraat, Amsterdam, ada sebuah bangunan unik yang terbuat dari batu bata kaca padat. Bangunan ini terletak di antara rumah-rumah Belanda yang telah berusia berabad-abad.

Bangunan yang kini menjadi markas butik brand fashion Chanel itu dibuat oleh perusahaan arsitektur asal Belanda MVRDV.

Mengutip ch.materialconnexion.com, Rabu (29/01/2020) MVRDV memberikan kehidupan pada bangunan tersebut dengan menggunakan batu bata kaca berkekuatan tinggi.

Bata kaca tersebut direkat secara transparan dan diikat dengan sinar UV. Untuk menyempurnakan hasilnya, teknik konstruksi aneh pun harus digunakan. Contohnya penggunaan susu penuh lemak untuk melapisi batu bata.

Baca juga: Apa Kabar Rencana Ibu Kota Pindah? Ini Progres Pembangunan Infrastrukturnya

Di lantai atas, elemen-elemen kaca menyatu dengan batu bata terakota asli untuk menciptakan ilusi dinding yang hancur.

Menurut MVRDV, konstruksinya dalam banyak hal lebih kuat. Poesia, sebuah perusahaan dari Nuova Vetreria Resanese (pembuat kaca), menciptakan bahan untuk bata kaca yang sangat kuat dan bisa menahan tekanan hingga 42 ribu Newton.

Baca juga: Menilik Kontribusi Film dalam Pembangunan Karakter di Indonesia

MVRDV menambahkan, ide penelitiannya adalah untuk menciptakan kembali wajah asli bangunan, sesuai dengan unsur arsitektur aslinya menggunakan bata kaca.

Salah satu keunggulan dari bata kaca adalah dapat didaur ulang. Pada saat instalasi, beberapa batu bata yang tidak sempurna bisa dilebur dan dibentuk kembali. Keren bukan?

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply