Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Melihat Kompetensi Orang dari Cara Berpakaian? Ini Kata Ahli

inc.com

Topcareer.id– Pasti kamu tidak asing dengan pepatah “don’t judge a book by its cover“. Ya, pepatah ini muncul lantaran banyaknya orang yang menilai seseorang berdasarkan dari tampilan luarnya saja.

Hal ini juga diperkuat dengan hasil penelitian yang dilakukan Princeton University. Penelitian itu mengungkapkan bahwa hanya dalam hitungan detik, orang bisa menilai kompetensi kamu berdasarkan apa yang kamu kenakan.

Dalam penelitian tersebut, 9 orang koresponden diperlihatkan 50 foto. Dan koresponden menjadikan pakaian menjadi tolak ukur apakah orang tersebut lebih kaya atau lebih miskin.

Mereka kemudian juga diminta untuk menilai kompetensi wajah yang mereka lihat pada skala 1 (yang berarti tidak sama sekali kompeten) sampai skala 9 (yang berarti sangat kompeten).

Bahkan ketika peserta diminta untuk mengabaikan apa yang dikenakan orang itu, hasilnya konsisten. Mereka yang pakaiannya dianggap ‘lebih kaya’ dipandang lebih kompeten.

Walau sebenarnya kompetensi itu tidak bisa dilihat dari penampilan luar saja, tapi berpakaian rapi dan bagus saat mencari kerja atau bertemu dengan klien, jadi sesuatu amat penting dilakukan.*(rw)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply