- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Tuesday, February 18, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Wajah Merah Saat Mabuk Tanda Kamu Berpenyakit

Perubahan wajah saat minum alkohol. (dok. Wikipedia)

Topcareer.id – Bagi yang gemar menenggak alkohol atau minuman keras lainnya hingga mengakibatkan wajah menjadi merah, maka patut berwaspada.

Pasalnya, wajah yang memerah merupakan pertanda gejala kesehatan lainnya, yakni beresiko memiliki tekanan darah tinggi.

Ini dibuktikan melalui penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Alcohlism: Clinical & Experimental Research.

Seperti dilaporkan Huffington Post, studi menyatakan bahwa wajah orang yang memerah usai mengonsumsi alkohol memiliki kemungkin risiko berkembangnya hipertensi.

Baca juga: Topik Pembicaraan yang Baiknya Dihindari Saat di Kantor

“Wajah memerah usai minum (alkohol) selalu dianggap sebagai gejala sensitifitas alkohol atau ketidaktoleranan diri terhadap alkohol, kecuali jika pasien sedang mengonsumsi obat-obatan khusus,” jelas Jong Sung Kim, kepala bagian obat-obatan Chungnam National University School of Medicine.

“Efek memerah pada wajah yang disebabkan oleh minuman keras, biasanya timbul pada orang yang secara genetik tidak dapat menghancurkan acetaldehyde, bentuk metoblit pertama dari alkohol.”

Studi ini melibatkan informasi medis dari 1.763 pria. Sebanyak 288 tidak mengonsumsi alkohol. Sedangkan 527 mengalami wajah memerah usai minum alkohol, dan 948 pria yang juga meminumnya, tidak merasakan gejala tersebut.

Baca juga: Hidup Sehat dengan Menyantap Makanan Asia

Wajah memerah usai menenggak alkohol diketahui umum terjadi di kalangan warga Asia. Bahkan sebanyak sepertiga warga Jepang, China dan Korea yang mengosnumsi alkohol, mengalami hal ini.

Dalam studi sebelum ini, PLOS ONE Medicine menjelaskan bahwa orang dengan reaksi seperti ini akibat alkohol, juga menghadapi resiko lebih tinggi terserang kanker esofagus. *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply