Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Perusahaan Kecil vs Besar, Perbedaan yang Jarang Disadari

Dok. Monster.com

Topcareer.id – Semua bisnis tidak diciptakan sama. Suatu hal yang biasa bagi perusahaan kecil bisa aneh bagi perusahaan besar, begitu pula sebaliknya. Dan ini merupakan hal yang biasa saja.

Tetapi ketika memutuskan di mana harus bekerja, membedakan antara perusahaan besar dan kecil itu penting.

Dikutip dari Glassdoor.com, mulai dari budaya ke fungsi pekerjaan, berikut perbedaan antara bekerja untuk perusahaan kecil dan perusahaan yang lebih besar.

Baca juga: Hal-Hal yang Menurut Perusahaan Sebaiknya Tak Kamu Lakukan di Kantor

Cara mendapatkan pekerjaan
Dipekerjakan pada perusahaan kecil peluang mendapatkan pekerjaannya akan menjadi proses yang jauh lebih cepat. Di perusahaan besar, tidak jarang kamu harus melalui dua, tiga, bahkan empat wawancara sebelum kamu benar-benar diterima bekerja.

Budaya perusahaan
Lebih besar, lebih birokratis. Saat kamu bekerja untuk sebuah perusahaan besar akan ada lebih banyak rintangan yang harus kamu lewati untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Di perusahaan kecil, cenderung memiliki birokrasi yang lebih sedikit, organisasi yang lebih sedikit dan kompleksitas yang lebih sedikit.

Relasi
Jika bekerja di perusahaan besar, kemungkinan kamu hanya akan mengenal orang-orang yang bekerja denganmu dari hari ke hari. Di sebuah perusahaan kecil, kamu bisa mengenal semua orang mulai dari OB hingga bos. Dan akan ada lebih banyak hubungan kekeluargaan.

Kondisi kerja
Perusahaan kecil biasanya memiliki lebih sedikit aturan dan karenanya lebih banyak fleksibilitas dalam keseimbangan kehidupan kerja yang mereka tawarkan.

Peluang
Sebagian besar waktu di perusahaan besar ada lebih banyak peluang untuk tumbuh. Tetapi itu tidak berarti kamu akan terjebak dalam karier buntu di sebuah perusahaan kecil. Banyak orang memulai karier dari perusahaan kecil lalu tumbuh dan pindah ke perusahaan besar.

Baca juga: Ingin Target Perusahaan Tercapai? Terapkan SMART Goals

Perubahan
Banyak perubahan lebih mudah dilakukan di perusahana kecil. Baik itu perubahan organisasi meupun perubahan peraturan, dan tanpa menggunakan banyak biaya. Di perusahaan besar akan sangat banyak prosedur dan biaya untuk melakukan perubahan.

Misi perusahaan
Perusahaan besar diciptakan untuk menghasilkan uang. Di perusahaan kecil pemiliknya dapat memiliki banyak tujuan. Mungkin bisa memiliki prioritas seperti manfaat lingkungan atau manfaat sosial lainnya.

Keamanan kerja Ketika mendapatkan pekerjaan di perusahaan kecil, sering kali kamu dianggap bagian dari keluarga, dan melepaskan kamu mungkin tidak mudah. Sedangkan di perusahaan besar yang terjadi adalah sebaliknya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan