Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Paling Banyak Dapat Sanksi, Utang Trans TV ke KPI Belum Dibayar

Acara Trans TV, Pagi-Pagi Pasti Happy. (dok. istimewa)

Topcareer.id – Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menggelar rapat evaluasi tahunan di Jakarta pada Jumat (14/2/2020) kemarin. Dalam rapat tersebut Komisioner KPI Pusat Bidang Pengawasan Isi Siaran Mimah Susanti menyampaikan, sepanjang periode evaluasi yakni di bulan Oktober 2018 hingga September 2019 Trans TV menerima sanksi paling banyak dari pihak KPI.

“Trans TV menerima 17 sanksi dengan rincian 12 teguran tertulis, 2 teguran tertulis kedua, dan 3 penghentian sementara.” ungkapnnya.

Menurutnya teguran itu dilayangkapan KPI lantaran Trans TV melanggar pasal-pasal terkait penghormatan terhadap hak privasi, perlindungan kepada anak dan remaja serta penggolongan program siaran.

Baca juga: Helmy Yahya Resmi Dicopot dari Dirut TVRI, Ini Alasannya

Selain menjadi stasiun televisi yang paling banyak mendapat teguran, Trans TV juga diketahui memiliki utang kepada KPI atas pelaksanaan sanksi penghentian sementara untuk program siaran Brownies dan Pagi-Pagi Pasti Happy.

“Belum dilaksanakannya peringatan KPI atas penghentian sementara untuk 2 program tersebut, menunjukkan Trans TV abai dalam penegakan aturan. Apalagi 2 program ini banyak mendapat sorotan publik, jadi harus segera dilaksanakan sanksinya,” tambah Komisioner KPI Pusat bidang Kelembagaan, Nuning Rodiyah dalam kesempatan yang sama.

Nuning juga mencatat, bahwa di Trans TV tidak ada program anak, sehingga ia meminta Trans TV untuk mengalokasikan waktu untuk menayangkan program anak.

Baca juga: News Anchor Kompas TV Ini Bagi Tips Pekerjaannya

Komisioner KPI Pusat bidang Kelembagaan lainya, Hardly Stefano Pariela juga menyayangkan atas ketidakhadiraan direksi Trans TV dan jajarannya dalam rapat tersebut.

“Ketidakhadiran direksi dalam forum evaluasi tahunan di saat Trans TV banyak menerima sanksi, dapat dimaknai sebagai ketiadaan komitmen untuk berbenah. Kalau Direksi tidak ada yang hadir, bagaimana KPI dapat meminta komitmen perbaikan atas kualitas siaran di Trans TV?” ujar Hardly.

Walaupun sering mendapat teguran, ternyata Trans TV sebelumnya pernah mendapat 3 penghargaan di ajang Anugerah KPI 2018 . Tiga penghargaan tersebut antara lain untuk program siaran FTV, Talkshow dan Program Siaran Peduli Perempuan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply