Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Masyarakat Dunia Habiskan 100 Hari Setahun untuk Akses Internet

Ilustrasi. (dok. DNA India)

Topcareer.id – Seluler dan media sosial telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari orang-orang di seluruh dunia. Berdasarkan data terbaru dari Hootsuite yang dipublikasikan oleh Wearesocial lebih dari 4,5 miliar orang sekarang menggunakan internet, sementara pengguna media sosial telah melampaui angka 3,8 miliar orang.

Artinya apa? 60% populasi dunia sudah terhubung melalui perangkat digital dan tren terbaru menunjukkan bahwa lebih dari setengah total populasi dunia (data 2019 jumlah populasi dunia adalah 7,7 miliar manusia) akan menggunakan media sosial pada pertengahan tahun ini.

Baca Juga: Jumlah Pengguna Internet Terbesar Dunia Di Asia Tenggara, Termasuk Indonesia?

Lalu berapa lama waktu yang dihabiskan oleh pengguna internet dalam sehari?

Masih menurut riset data Wearesocial, waktu rata-rata yang dihabiskan oleh pengguna internet di seluruh dunia saat ini ialah selama 6 jam, 43 menit. artinya dalam satu tahun mereka menghabiskan 100 hari hanya untuk online. Dan bila kita membiarkan kira-kira 8 jam sehari untuk tidur, itu berarti 40 persen kehidupan kita gunakan untuk terhubung internet.

Namun jumlah waktu yang dihabiskan orang untuk menggunakan internet berbeda di tiap negara. Negara-negara berkembang berada diurutan teratas dimana warganya paling lama menghabiskan waktunya untuk online. Negara-negara seperti Filipina, Afrika Selatan, Brazil, Colombia, Thailand, Argentina, dan Mexico mendominasi peringkat.

Pada tahun ini, Filipina berada di urutan pertama dengan waktu 9 jam dan 45 menit per hari untuk online, sementara Jepang berada di urutan terbawah dengan waktu hanya 4 jam dan 22 menit per hari.

Baca juga: Nielsen: 88 Persen Pengguna Internet Indonesia Antusias Harbolnas

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Berdasarkan riset yang sama, Indonesia menempati urutan ke-8 setelah Mexico, dengan waktu mengakses internet setiap harinya 7 jam dan 59 menit. Disusul Malaysia dengan waktu 7 jam dan 57 menit.

Global WebIndex menemukan bahwa seluler menjadi penyumbang terbesar dimana orang mengakses internet setiap harinya, yakni 50,1 persen. Meski ponsel ada dimana-mana, tiga perempat pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun masih online melalui laptop dan komputer desktop.

Nah bagaimana dengan kamu? berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk mengakses internet.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply